MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN RATUSAN MELALUI MEDIA PUZZLE MISTAR BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR

Nelda Yanti(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe38760.64

Full Text:    Language : en

Abstract


Abstrack: Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SD Negeri 05 Bandar Buat, Seorang anak kesulitan belajar kelas III yang mengalami kesulitan pembelajaran matematika terutama dalam mengenal bilangan ratusan. Hal ini terlihat dari hasil asesmen yang diberikan oleh penulis dimana anak belum paham dalam menyebutkan, menuliskan, dan mengurutkan bilangan ratusan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan media puzzle mistar dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan ratusan bagi anak kesulitan belajar.

Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengan menggunakan desain A-B. Teknik analisis data yang digunakan dalam bentuk Visual Analysis of Grafik. Penelitian dilakukan pada kondisi baseline sebanyak enam kali pengamatan dan kondisi intervensi sebanyak delapan kali pengamatan.

Dari hasil analisi data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ha) yang di ajukan dapat diterima. Artinya media puzzle mistar dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan ratusan bagi anak kesulitan belajar kelas III di SD Negeri 05 Bandar Buat Padang. Disarankan bagi guru kelas atau guru mata pelajaran matematika agar dapat menggunakan media puzzle mistar bagi anak berkesulitan belajar dalam mengajarkan mengenal konsep bilangan ratusan.

Kata kunci: Mengenal bilangan ratusn, media puzzle mistar, anak berkesulitan belajar


Article Metrics

 Abstract Views : 297 times
 PDF Downloaded : 235 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)