The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrack: Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SD Negeri 05 Bandar Buat, Seorang anak kesulitan belajar kelas III yang mengalami kesulitan pembelajaran matematika terutama dalam mengenal bilangan ratusan. Hal ini terlihat dari hasil asesmen yang diberikan oleh penulis dimana anak belum paham dalam menyebutkan, menuliskan, dan mengurutkan bilangan ratusan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan media puzzle mistar dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan ratusan bagi anak kesulitan belajar.

Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengan menggunakan desain A-B. Teknik analisis data yang digunakan dalam bentuk Visual Analysis of Grafik. Penelitian dilakukan pada kondisi baseline sebanyak enam kali pengamatan dan kondisi intervensi sebanyak delapan kali pengamatan.

Dari hasil analisi data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ha) yang di ajukan dapat diterima. Artinya media puzzle mistar dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan ratusan bagi anak kesulitan belajar kelas III di SD Negeri 05 Bandar Buat Padang. Disarankan bagi guru kelas atau guru mata pelajaran matematika agar dapat menggunakan media puzzle mistar bagi anak berkesulitan belajar dalam mengajarkan mengenal konsep bilangan ratusan.

Kata kunci: Mengenal bilangan ratusn, media puzzle mistar, anak berkesulitan belajar