MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAGI ANAK KESULITAN BELAJAR MELALUI BRAIN GYM

Al - Razak(1),
(1) PLB 

Corresponding Author
Copyright (c)

DOI : https://doi.org/10.24036/jupe30650.64

Full Text:    Language : en    Language : en

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh siswa Kesulitan Belajar kelas II di SDN 18 Koto Lua Kec. Pauh Padang, dari hasil pengamatan anak belum bisa membaca. Saat diminta untuk membaca anak hanya menatap dan diam serta berkata tidak bisa membaca.penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah brain gym dapat membantu dan meningkatkan kemampuan membaca pada anak kesulitan belajar kelas II di SDN18 Koto Lua, Kec Pauh Padang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian A-B. penilaian dalam penelitian ini yaitu dengan persentase. Kondisi A yaitu kondisi Baseline sebelum anak diberikan intervensi. Kondisi B yaitu intervensi dengan Brain Gym. Target behavior dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam membaca permulaan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis visual grafik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, kemampuan anak dalam membaca permulaan mengalami peningkatan setelah memberikan perlakuan Brain Gym. Analisis dalam kondisi pada kondisi baseline sebelum diberikan intervensi (A) pengamatan dilakukan selama enam kali dengan tingkat perubahan 30% walaupun masih tergolong rendah. Pada kondisi intervensi (B) pengamatan dilakukan sebanyak tujuh kali dengan tingkat perubahan 85%


Article Metrics

 Abstract Views : 792 times
 Untitled Downloaded : 23 times  PDF Downloaded : 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)