The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh siswa Kesulitan Belajar kelas II di SDN 18 Koto Lua Kec. Pauh Padang, dari hasil pengamatan anak belum bisa membaca. Saat diminta untuk membaca anak hanya menatap dan diam serta berkata tidak bisa membaca.penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah brain gym dapat membantu dan meningkatkan kemampuan membaca pada anak kesulitan belajar kelas II di SDN18 Koto Lua, Kec Pauh Padang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian A-B. penilaian dalam penelitian ini yaitu dengan persentase. Kondisi A yaitu kondisi Baseline sebelum anak diberikan intervensi. Kondisi B yaitu intervensi dengan Brain Gym. Target behavior dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam membaca permulaan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis visual grafik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, kemampuan anak dalam membaca permulaan mengalami peningkatan setelah memberikan perlakuan Brain Gym. Analisis dalam kondisi pada kondisi baseline sebelum diberikan intervensi (A) pengamatan dilakukan selama enam kali dengan tingkat perubahan 30% walaupun masih tergolong rendah. Pada kondisi intervensi (B) pengamatan dilakukan sebanyak tujuh kali dengan tingkat perubahan 85%