Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Menyimpan dengan Hasil 1-50 melalui Media Stamp Game pada Peserta Didik Tunagrahita

Rayhna Nurkhasanah(1), Asep Ahmad Sopandi(2), Marlina Marlina(3), Grahita Kusumastuti(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.133566

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB N 2 Sawahlunto, yaitu pada peserta didik tunagrahita yang belum mencapai kemampuan optimal dalam jumlahan menyimpan dengan hasil 1-50. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melakukan penjumlahan menyimpan dengan hasil 1-50 dengan memanfaatkan media stamp game . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain ABA. Data dianalisis menggunakan analisis grafik visual, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dengan instrumen berupa soal tes. Subjek penelitian ini adalah peserta didik tunagrahita kelas VII di SLB N 2 Sawahlunto.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A1), setelah dilakukan tiga kali pertemuan, stabilitas berada pada skor 15. Selanjutnya, pada kondisi intervensi (B) yang dilakukan sebanyak tujuh kali pertemuan, stabilitas meningkat menjadi skor 80. Pada kondisi baseline (A2), yang dilakukan dalam empat kali pertemuan, peserta didik kembali memperoleh stabilitas dengan skor 90. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media stamp game efektif dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan menyimpan dengan hasil 1-50 pada peserta didik tunagrahita.


Keywords


Media Stamp Game, Penjumlahan Menyimpan, Tunagrahita

References


Devita, D., & Desmayanasari, D. (2021). Landasan Penyusunan Program Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Tunagrahita Ringan. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJR ME), 4(2), 121–129. https://doi.org/10.36269/hjrme.v4i2.514

Fadillatul, H., & Sopandi, A. A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas IX di Slb Negeri 1 Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), 93–103. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/242

Faisah, S. N., Siregar, M. A., Firanda, Nandita, I., Mujahadah, Auliyah, A., Musdalifa, & Samsuddin, A. fFtrah. (2023). Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Belajar Mengenal Angka di SLB Bhakti Pertiwi Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 34–41. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2464

Fitria, Y., & Z, M. (2021). Media Tas Bilangan Anak Tunagrahita Ringan di Slb Al-Islaah Padang Meningkatkan Kemampuan Menambah Tumpukan dengan Teknik One Time Saving. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(1), 23–29. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i1.417

Fitriana, R. (2014). Penggunaan Media Benda Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III Di SLB Insan Mandiri Dlingo Bantul.

Heryati, E., Tarsidi, I., & Suherman, Y. (2022). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Subjek Tunggal (Single Subject Research) bagi Guru-Guru Sekolah Luar Biasa. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(02), 229–235. https://doi.org/10.25134/empowerment.v5i02.4878

Latifah, Z. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menjumlah Anak Diskalkulia dengan Media Stamp Game. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i1.555

Marlina, M. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal. RajaGrafindo Persada.

Novianti, R. (2021). Pengaruh Media Stamp Game Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Diskalkulia. Universitas Negeri Malang, 54–62.

Prahmana, R. C. I. (2021). Single Subject Research (teori dan implementasinya: suatu pengantar). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Sari, D. M. P., & Kaltsum, H. U. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Anak Tunagrahita Kelas 4 di SD Negeri. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 57–69. https://doi.org/10.26594/jmpm.v8i1.3622

Sipahelut, J. (2021). Terapi Okupasi bagi Anak Tunagrahita (Studi Kasus di SLB Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Tangkoleh Putai, 18(2), 179–207.

Sulistijowati, E. (2020). Peningkatan Kemampuan Penjumlahan Menyimpan dengan Media Kotak Simpan Pada Anak Tuna Daksa Disertai Lamban Belajar Kelas 9 SMPLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Exponential (Education For Exceptional Children) Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 1.1, 20–26.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2006). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tinggal Pendidikan Dengan Subjek Tunggal. Cricet: Universitas Tsukuba, 59.

Tarigan, E. (2019). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB SIBORONG-BORONG Eltalina. Jurnal Pionir LPPM UNIVERSITAS ASAHAN, 2(1), 1–118.

Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392


Article Metrics

 Abstract Views : 21 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.