Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB N 2 Sawahlunto, yaitu pada peserta didik tunagrahita yang belum mencapai kemampuan optimal dalam jumlahan menyimpan dengan hasil 1-50. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melakukan penjumlahan menyimpan dengan hasil 1-50 dengan memanfaatkan media stamp game . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain ABA. Data dianalisis menggunakan analisis grafik visual, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dengan instrumen berupa soal tes. Subjek penelitian ini adalah peserta didik tunagrahita kelas VII di SLB N 2 Sawahlunto.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A1), setelah dilakukan tiga kali pertemuan, stabilitas berada pada skor 15. Selanjutnya, pada kondisi intervensi (B) yang dilakukan sebanyak tujuh kali pertemuan, stabilitas meningkat menjadi skor 80. Pada kondisi baseline (A2), yang dilakukan dalam empat kali pertemuan, peserta didik kembali memperoleh stabilitas dengan skor 90. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media stamp game efektif dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan menyimpan dengan hasil 1-50 pada peserta didik tunagrahita.