Meningkatkan Keterampilan Membuat Gantungan Handphone melalui Video Tutorial pada Siswa Tunagrahita Ringan

Fadila Syafitri(1), Mega Iswari(2), Nurhastuti Nurhastuti(3), Elsa Efrina(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.133565

Full Text:    Language : en

Abstract


Tujuan dari penelitia ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa tunagrahita ringan dalam membuat gantungan handphone dengan memanfaatkan media video tutorial. Penelitian ini menerapkan pendekatan eksperimen dengan metode penelitian subjek tunggal (SSR) dan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan melalui tes perbuatan, dan analisis data menggunakan teknik visual grafik yang dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan dari kondisi awal sebesar 43%-48% pada fase baseline (A1), meningkat menjadi 57%-86% selama fase intervenesi (B), dan stabil diangka 86%-90% pada fase baseline (A2) setelah diberikan perlakuan atau intervensi tidak lagi diberikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan video tutorial memberikan dampak positif terhadap peningkatan keterampilan siswa tunagrahita ringan dalam membuat gantungan handphone.


Keywords


Video Tutoial, Gantungan Handphone, Tunagrahita Ringan

References


Dr. Suharsiwi, M. P. (2017). Buku Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. CV Prima Print.

Fauzi, E., Aprilia, I. D., Homdijah, O. S., & Indonesia, U. P. (2021). Keterampilan Vokasional Analisis Kebutuhan Magang Bagi Anak Tunagrahita. 2(11), 1866–1876.

Ginting, R., Pinem, Y., Siburian, T., Purba, R., Sirait, R., & Simarmata, E. (2024). Proposal Rencana Usaha.

Hallahan, D. P., & Kauffman, J. M. (1991). Exceptional Children: Introduction to Special Education. In Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey 07632. Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey 07632. https://doi.org/10.4324/9781003526315-2

Haryanti, S., & Suwerda, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Praktik Pada Mata Kuliah Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. Jurnal Pendidikan, 10(1), 79–88. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v10i1.806

Himawati, D., Nurcahyo, B., & Fajriah, A. A. (2024). Analisis Studi Kelayakan Usaha Souvenir Di Desa Karyamukti Kecamatan Cianjur ( Studi Kasus Pada Toko Souvenir Sovenir Aditiya ). 30, 9–16.

Kasvita, A. F., & Ritonga, M. U. (2024). Pengaruh Media Video Tutorial Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTSN 2 Medan Tahun Pembelajaran 2023 / 2024 berkualitas melalui peningkatan melakukan wajib belajar pendidikan sembilan tahun dan akses timbal balik antara guru dan si. 2(4).

Prahmana, R. C. I. (2021). Single Subject Research (teori dan implementasinya: suatu pengantar). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Sari, K. G., & Irdamurni, I. (2020). Efektivitas Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Bagi Anak Tunagrahita Ringan. 16(2), 148–153.

Widodo, S. A., Kustantini, K., Kuncoro, K. S., & Alghadari, F. (2021). Single Subject Research: Alternatif Penelitian Pendidikan Matematika di Masa New Normal. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 78–89. https://doi.org/10.37640/jim.v2i2.1040


Article Metrics

 Abstract Views : 22 times
 PDF Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.