The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Tujuan dari penelitia ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa tunagrahita ringan dalam membuat gantungan handphone dengan memanfaatkan media video tutorial. Penelitian ini menerapkan pendekatan eksperimen dengan metode penelitian subjek tunggal (SSR) dan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan melalui tes perbuatan, dan analisis data menggunakan teknik visual grafik yang dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan dari kondisi awal sebesar 43%-48% pada fase baseline (A1), meningkat menjadi 57%-86% selama fase intervenesi (B), dan stabil diangka 86%-90% pada fase baseline (A2) setelah diberikan perlakuan atau intervensi tidak lagi diberikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan video tutorial memberikan dampak positif terhadap peningkatan keterampilan siswa tunagrahita ringan dalam membuat gantungan handphone.


Keywords


Video Tutoial, Gantungan Handphone, Tunagrahita Ringan