Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Aplikasi Wordwall Pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan

Kinaya Annisa Rahim(1), Mega Iswari(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.133554

Full Text:    Language : en

Abstract


Permasalahan yang terjadi dilapangan terdapat 2 siswa disabilitas intelektual ringan (OV) dan (SMH) tidak terlibat aktif dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan 1-10 dan hasil belajarnya belum maksimal. Hal ini dikarenakan media pembelajaran guru kurang menarik dan monoton. Zaman sekarang, media pembelajaran banyak menggunakan teknologi dan bersifat interaktif. Salah satunya aplikasi wordwall. Riset ini dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Untuk teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kemampuan siswa mengenal lambang bilangan 1-10 meningkat. Terlihat pada siklus I menunjukkan peningkatan, siswa OV (91%) dan SMH (65%). Siklus II semakin meningkat, siswa OV (100%) dan SMH (91%). Dengan demikian aplikasi wordwall dapat meningkatkan kemampuan siswa mengenal lambang bilangan 1-10.


Keywords


Wordwall; Lambang Bilangan; Disabilitas Intelektual Ringan

References


Erawati, T., Ayem, S., & Tahu, R. A. (2022). The Influence Of Personal Engineering Capabilities, Education And Training, And The Advance Of Information Technology On The Effectiveness Of Accounting Information Systems (Case Study On Msmes In Yogyakarta). J. Ilmu Manaj. Profitab, 6(1), 116–121.

Fatmawati, R., Sulaeman, O., & Pramanik, N. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengingat Lambang Bilangan Pada Anak. WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 79–94.

Haryeti, E., Sopandi, A. A., & Iswari, M. (2013). Meningkatkan Keterampilan Membuat Palai Rinuak Melalui Metode Latihan Pada Anak Tunagrahita Ringan. E-JUPEKhu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2(3), 537–547.

Iswari, M. (2008). Kecakapan hidup bagi anak berkebutuhan khusus. Padang: UNP press.

Komalasari, R. (2020). Manfaat teknologi informasi dan komunikasi di masa pandemi covid 19. Tematik, 7(1), 38–50.

Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). Penggunaan aplikasi wordwall untuk meningkatkan hasil belajar matematika selama pandemi covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33–43.

Usti, A. (2013). Meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui bermain pancing angka bagi anak tunagrahita ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 478–488.

Zulmita, B. (2024). Peningkatan Nilai Kognitif melalui Penggunaan Model Project Based Learning. Jurnal Konsepsi, 13(1), 54–70.


Article Metrics

 Abstract Views : 26 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.