The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Permasalahan yang terjadi dilapangan terdapat 2 siswa disabilitas intelektual ringan (OV) dan (SMH) tidak terlibat aktif dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan 1-10 dan hasil belajarnya belum maksimal. Hal ini dikarenakan media pembelajaran guru kurang menarik dan monoton. Zaman sekarang, media pembelajaran banyak menggunakan teknologi dan bersifat interaktif. Salah satunya aplikasi wordwall. Riset ini dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Untuk teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kemampuan siswa mengenal lambang bilangan 1-10 meningkat. Terlihat pada siklus I menunjukkan peningkatan, siswa OV (91%) dan SMH (65%). Siklus II semakin meningkat, siswa OV (100%) dan SMH (91%). Dengan demikian aplikasi wordwall dapat meningkatkan kemampuan siswa mengenal lambang bilangan 1-10.


Keywords


Wordwall; Lambang Bilangan; Disabilitas Intelektual Ringan