Meningkatkan Kemampuan Berwudhu Melalui Model Direct Intstruction Berbantuan Media Video Animasi bagi Siswa Disabilitas Intelektual Ringan Kelas V di SLBN 1 Lima Kaum

Chici Putri Edis(1), Irdamurni Irdamurni(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.133530

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan wudhu siswa disabilitas intelektual ringan kelas V di SLBN 1 Lima Kaum melalui model direct instruction dengan bantuan video animasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatkan kemampuan wudhu siswa setelah penerapan model pembelajaran tersebut. Sebelum tindakan, nilai siswa berkisar 43% - 50%, meningkat menjadi 78% - 82% pada siklus I, dan mencapai 92% - 98% pada siklus II. Temuan ini menunjukan bahwa model direct instruction berbantuan video animasi efektif dalam meningkatkan kemampuan berwudhu siswa disabilitas intelektual ringan

Keywords


Disabilitas Intelektual Ringan; Berwudhu; Model Direct Instruction; Video Animasi

References


Adisty, N. C. P., Hastuti, W. D., & Kustiawan, U. (2014). Menggunakan Media Boneka Model Manusia Untuk Siswa Tunagrahita Ringan Sdlb. P3Lb, 1(2), 163–168.

Afrilia, L., Neviyarni, Arief, D., & Amini, R. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 710–721. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2559

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman Layanan Pendidikan Khusus. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas.

Rosenshine, B. (2008). Principles of Instruction. American Educator, 36(1), 12–39.

Wulandari, R., Sulistyowati, R., & Wibowo, A. (2018). Pengaruh Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Tunagrahita Ringan pada Mata Pelajaran PPKn di SLB Negeri Semarang. Jurnal Pendidikan Khusus, 14(2), 45–54.


Article Metrics

 Abstract Views : 9 times
 PDF Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.