The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan wudhu siswa disabilitas intelektual ringan kelas V di SLBN 1 Lima Kaum melalui model direct instruction dengan bantuan video animasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatkan kemampuan wudhu siswa setelah penerapan model pembelajaran tersebut. Sebelum tindakan, nilai siswa berkisar 43% - 50%, meningkat menjadi 78% - 82% pada siklus I, dan mencapai 92% - 98% pada siklus II. Temuan ini menunjukan bahwa model direct instruction berbantuan video animasi efektif dalam meningkatkan kemampuan berwudhu siswa disabilitas intelektual ringan

Keywords


Disabilitas Intelektual Ringan; Berwudhu; Model Direct Instruction; Video Animasi