Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nama Buah-buahan dalam Bahasa Inggris Melalui Media Roda Pintar bagi Peserta Didik Disabilitas Rungu

(1) Universitas Negeri Padang

(2) Universitas Negeri Padang


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.133496
Full Text:

Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan kemampuan mengenal nama buah-buahan dalam bahasa Inggris melalui media roda pintar bagi peserta didik disibilitas rungu. Penelitian ini menggunakan desain multiple baseline yaitu multiple baseline cross variabel dengan 2 fase yaitu baseline dan intervensi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan menggunakan alat pencatatan kejadian. Instrumen penelitian yang dipakai yaitu instrumen non tes melalui data observasi dengan mengamati perilaku. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis grafik visual yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A1) hasil data menyebutkan dan menunjukkan yang diperoleh 15, 25, 25. Pada kondisi intervensi (B) hasil data menyebutkan yang diperoleh 55, 70, 80,80, 80 dan menunjukkan 55, 70, 100, 100, 100. Hasil dari penelitian membuktikan meningkatkan kemampuan mengenal nama buah-buahan dalam bahasa Inggris
Keywords
References
Globalisasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 246–251. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3961
Ayuning, A., Pitaloka, P., Fakhiratunnisa, S. A., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Peserta Didikberkebutuhan Khusus. In Masaliq : Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq
Bagaskara, M., Tjahjono, B., & Sutanto, I. (n.d.). Media Pembelajaran Mengenal Nama Buah-Buahan Berbahasa Inggris Berbasis Aplikasi Android. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/issue/archive
Fairus, A., & Harsiwi, N. E. (2024). Analisis Karakteristik Dalam Aktivitas Belajar Pada Peserta Didikberkebutuhan Khusus (Tunarungu) Di Slb Pgri Kamal Bangkalan. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(3), 1476–1484. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i3.177
Harmuda Duva Sinaga, G., Simarmata, T., Napitupulu, R., Octania Sianipar, E., Kristiana Sitepu, R., Novita Sijabat, E., & Yunita Hutagalung, S. (2023). Edukasi Dan Pengembangan Keterampilan Berbahasa Inggris Berbasis Kurikulum Merdeka Di Desa Hutanamora. Community Development Journal, 4(2).
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.