Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nama Buah-buahan dalam Bahasa Inggris Melalui Media Roda Pintar bagi Peserta Didik Disabilitas Rungu

Inne Fouriana(1), Elsa Efrina(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.133496

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan kemampuan mengenal nama buah-buahan dalam bahasa Inggris melalui media roda pintar bagi peserta didik disibilitas rungu. Penelitian ini menggunakan desain multiple baseline yaitu multiple baseline cross variabel dengan 2 fase yaitu baseline dan intervensi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan menggunakan alat pencatatan kejadian. Instrumen penelitian yang dipakai yaitu instrumen non tes melalui data observasi dengan mengamati perilaku. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis grafik visual yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A1) hasil data menyebutkan dan menunjukkan yang diperoleh 15, 25, 25. Pada kondisi intervensi (B) hasil data menyebutkan yang diperoleh 55, 70, 80,80, 80 dan menunjukkan 55, 70, 100, 100, 100. Hasil dari penelitian membuktikan meningkatkan kemampuan mengenal nama buah-buahan dalam bahasa Inggris


Keywords


Nama buah-buahan; Bahasa Inggris; Roda Pintar; Disabilitas rungu.

References


Globalisasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 246–251. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3961

Ayuning, A., Pitaloka, P., Fakhiratunnisa, S. A., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Peserta Didikberkebutuhan Khusus. In Masaliq : Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq

Bagaskara, M., Tjahjono, B., & Sutanto, I. (n.d.). Media Pembelajaran Mengenal Nama Buah-Buahan Berbahasa Inggris Berbasis Aplikasi Android. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/issue/archive

Fairus, A., & Harsiwi, N. E. (2024). Analisis Karakteristik Dalam Aktivitas Belajar Pada Peserta Didikberkebutuhan Khusus (Tunarungu) Di Slb Pgri Kamal Bangkalan. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(3), 1476–1484. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i3.177

Harmuda Duva Sinaga, G., Simarmata, T., Napitupulu, R., Octania Sianipar, E., Kristiana Sitepu, R., Novita Sijabat, E., & Yunita Hutagalung, S. (2023). Edukasi Dan Pengembangan Keterampilan Berbahasa Inggris Berbasis Kurikulum Merdeka Di Desa Hutanamora. Community Development Journal, 4(2).


Article Metrics

 Abstract Views : 21 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.