Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Edukasi Papan Baca bagi Peserta Didik Disabilitas Rungu

Siti Aisyah(1), Elsa Efrina(2),
(1) Universitas Negri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.133453

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menguji media edukasi papan baca dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik disabilitas rungu di SLBN 1 Lima Kaum. Penelitian ini memakai Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. SSR merupakan strategi penelitian yang bertujuan mencatat seluruh perubahan perilaku (target behavior). SSR (Single Subject research) atau dalam Bahasa Indonesia yaitu penelitian subjel tunggal merupakan suatu penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak suatu perlakuan yang diberikan terhadap subjek secara berkala dan berkesinambungan. Dimana hasil penelitian disajikan dan dianalisis, mulai dari kondisi tanpa perlakuan hingga kondisi pasca perlakuan (Marlina, 2021). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A1) hasil data yang diperoleh 35, 35, 35. Pada kondisi intervensi (B) hasil data yang diperoleh 65, 80,80, 80. Kemudian pada kondisi baseline (A2) hasil data yang diperoleh 75, 80, 80,80. Hasil dari penelitian membuktikan meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik disabilitas rungu meningkat setelah menggunakan media edukasi papan baca.



Keywords


Disabilitas rungu; membaca permulaan; media edukasi papan baca.

References


Arumsari, Azizah. 2022. “Strategi Belajar Membaca Untuk Peserta didik Tunarungu.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah

Kependidikan 12(1): 1–9.

Litasari, Andam. 2021. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta didik Kelas Satu Tunarungu

Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik.” Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 5(2): 180–88.

Sabri, Aidha, Zulmiyetri Zulmiyetri, and Damri Damri. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui

Multimedia Interaktif Bagi Peserta didik Disleksia.” Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus 2(2): 15

Marlina,. "Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal." (2021): 1-193


Article Metrics

 Abstract Views : 24 times
 PDF Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.