Abstract
Penelitian bertujuan untuk menguji media edukasi papan baca dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik disabilitas rungu di SLBN 1 Lima Kaum. Penelitian ini memakai Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. SSR merupakan strategi penelitian yang bertujuan mencatat seluruh perubahan perilaku (target behavior). SSR (Single Subject research) atau dalam Bahasa Indonesia yaitu penelitian subjel tunggal merupakan suatu penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak suatu perlakuan yang diberikan terhadap subjek secara berkala dan berkesinambungan. Dimana hasil penelitian disajikan dan dianalisis, mulai dari kondisi tanpa perlakuan hingga kondisi pasca perlakuan (Marlina, 2021). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A1) hasil data yang diperoleh 35, 35, 35. Pada kondisi intervensi (B) hasil data yang diperoleh 65, 80,80, 80. Kemudian pada kondisi baseline (A2) hasil data yang diperoleh 75, 80, 80,80. Hasil dari penelitian membuktikan meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik disabilitas rungu meningkat setelah menggunakan media edukasi papan baca.