Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan sumber Pembelajaran Digital Flipbook meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan metodologi SSR (Single Subject Research) dengan desain A1-B-A2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilakukan 3 kali pengamatan 15 kali pertemuan. 3 kali sebelum intervensi (A1), 7 kali pada intervensi (B) dan 5 kali pertemuan pada kondisi setelah diberikan intervensi. Pada kondisi baseline pertama (A1) kemampuan anak menunjukkan stabil pada pengamatan pertama sampai pengamatan ke empat dengan persentase 0%, pada intervensi (B) menunjukkan stabil pada pertemuan 8,9,10 dengan persentase 88%, 88%, 88%, pada intervensi baseline kedua (A2) menunjukkan data stabil pada kondisi 13,14 dan 15 dengan persentase 92%, 92%, 92%. Pada kondisi pertama, yakni baseline (A1) sebanyak tiga kali pertemuan dengan hasil stabil di 0%. Kemudian pada kondisi kedua, yakni intervensi (B) sebanyak tujuh kali pertemuan dengan hasil skor stabil berada di 88% dan kondisi ketiga dilakukan sebanyak lima pertemuan diperoleh skor 92% dalam keadaan stabil. Oleh karena itu dapat disimpulkan, bahwa media pembelajaran Flipbook Digital dalam meningkatkan kemampuan anak dalam membaca permulaan yang berpola KVKV
Keywords
Membaca permulaan, digital flipbook, anak tunagrahita ringan.
References
Anandari, Qalbi Shanaz et al. 2019. Pengembangan Modul Elektronik Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Berbasis Etnhokonstruktivisme. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 6(2): 41636.
Azkia, N., & Rohman, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah SD / MI Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta PENDAHULUAN Pondasi dasar kemampuan akademik adalah keterampilan membaca . 1 Membaca adalah fungsi tert. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 114.
Putra, Muhammad, dan Kasiyati Kasiyati. 2019. Meningkatkan Kemampuan Merawat Diri Dalam Keterampilan Menggosok Gigi Dengan Menggunakan Model Direct Instruction Pada Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 7(1): 23542.
Sugiyono. (2018). Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.Hal 57. Metode Penelitian Kuantitatif, 53(9), 16891699.
Article Metrics
Abstract Views : 12 times
PDF Downloaded : 0 times