Pelaksanaan Metode Vakt untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Disabilitas Intelektual

Rifa Sabila Utami(1), Damri Damri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.133166

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SLB YPAC Sumatera Barat kota Padang. Seorang peserta didik Disabilitas Intelektual yang duduk di kelas V masih belum mampu membaca permulaan yaitu membaca kata berpola KV-KV. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode VAKT . Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk single subject Research (SSR). Dengan desain A-B. Hasil penelitian menunjukan pada kondisi Baseline (A) yang dilakukan sebanyak empat kali pengamatan dan memperoleh presentase stabil 33%. Dan pada kondisi Intervensi yang dilakukan sebanyak enam kali pengamatan dengan memperoleh presentase 83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan metode VAKT dapat meningkatakan kemampuan membaca permulaan yaitu membaca kata berpola KV-KV.

Keywords


Membaca permulaan; disabiliatas intelektual; metode VAKT

References


Harnin, I. S., & Damri, D. (2022). Kepedulian sosial masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus kategori c (tunagrahita). Jurnal Basicedu, 6(2), 1782-1791.

Herlina, Emmi Silvia. (2019) "Membaca permulaan untuk anak usia dini dalam era pendidikan 4.0." Jurnal Pionir 5.4.

Puput, Purnamasari, and Soendari Tjutju. (2018) "Metode VAKT untuk pembelajaran membaca permulaan anak tunagrahita ringan." JASSI ANAKKU 18 (1) 25-31.

Marlina, (2021). "Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal." 1-193.


Article Metrics

 Abstract Views : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.