The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SLB YPAC Sumatera Barat kota Padang. Seorang peserta didik Disabilitas Intelektual yang duduk di kelas V masih belum mampu membaca permulaan yaitu membaca kata berpola KV-KV. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode VAKT . Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk single subject Research (SSR). Dengan desain A-B. Hasil penelitian menunjukan pada kondisi Baseline (A) yang dilakukan sebanyak empat kali pengamatan dan memperoleh presentase stabil 33%. Dan pada kondisi Intervensi yang dilakukan sebanyak enam kali pengamatan dengan memperoleh presentase 83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan metode VAKT dapat meningkatakan kemampuan membaca permulaan yaitu membaca kata berpola KV-KV.

Keywords


Membaca permulaan; disabiliatas intelektual; metode VAKT