Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SLB YPAC Sumatera Barat kota Padang. Seorang peserta didik Disabilitas Intelektual yang duduk di kelas V masih belum mampu membaca permulaan yaitu membaca kata berpola KV-KV. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode VAKT . Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk single subject Research (SSR). Dengan desain A-B. Hasil penelitian menunjukan pada kondisi Baseline (A) yang dilakukan sebanyak empat kali pengamatan dan memperoleh presentase stabil 33%. Dan pada kondisi Intervensi yang dilakukan sebanyak enam kali pengamatan dengan memperoleh presentase 83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan metode VAKT dapat meningkatakan kemampuan membaca permulaan yaitu membaca kata berpola KV-KV.
Keywords
Membaca permulaan; disabiliatas intelektual; metode VAKT