Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata bagi Anak Berkesulitan Belajar Dengan Metode Silaba

Nuraini Permata Sari(1), Johandri Taufan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.133036

Abstract


Pembahasana artikel berdasarkan permasalahan pada anak berkesulitan belajar di kelas 3 SD di Yayasan Al harits Islamic Center. Anak mengalami masalah dalam memebaca kata yang diberikan intervensi dengan menggunakan metode silaba. Penelitian ini menggunakan tipe kuantitatif dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dan desain A-B-A. informasi dianalisis dengan analisis visual grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dilakukannya tiga kali pengamatan sebanyak 14 kali pertemuan.  Pada kondisi pertama, yakni baseline (A1) sebanyak empat kali pertemuan dengan hasil stabil berada di skor 38,8. Kemudian pada kondisi kedua, yakni intervensi (B) sebanyak tujuh kali pertemuan dengan hasil skor stabil berada di 88,8. Dan kondisi ketiga dilakukan sebanyak tiga pertemuan diperoleh skor 88,8 dalam keadaan stabil. Setelah dianalisis, maka silaba dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca kata.

Keywords


membaca kata; silaba; anak berkesulitan belajar

References


Budianti, Y., & Indri Wardhani, F. (2023). Analisis Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 109–116.

Ediyanto, E., Hastuti, W. D., & Rizqianti, N. A. (2021). Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus: Program Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklusi. In Yayasan Pusat Pendidikan Angstrom (Vol. 1, Issues 1 SE-Educational Book).

Elisa, R. S., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman bagi Siswa Berkesulitan Belajar Membaca Melalui Strategi KWL (Know, Want, Learned) Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Muncul 02. Jurnal Persada, III(3), 115–120.

Hamidah, D. (2020). Kebijakan Pendidikan Dalam Kebijakan Publik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 34–44.

Indra, P. R. C. (2021). Single Subject Research (teori dan implementasinya: suatu pengantar). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Marlina. (2021). Single Subject Research Penelitian Subjek Tunggal. PT Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

 Abstract Views : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.