Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Bilabial Melalui Media Prezi Bagi Anak Slow Learner

Irfaturrahmah Irfaturrahmah(1), Arisul Mahdi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.131700

Abstract


Artikel ini membahas tentang peningkatan mengenal huruf konsonan bilabial b,m,p menggunakan media prezi di SD 05 Kepala Koto. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR). Dengan desain A-B. Data dianalisis dengan analisis visual grafik. Teknik dalam pengumpulan data berupa tes soal dan alat pengumpulan data menggunakan checklist dan memiliki hasil presentase. Subjek dari penelitian ini yaitu Seorang siswa slow learner di Kelas III SD 05 Kepala Koto masih belum maksimal dalam mengenal hurf konsonan bilabial b,m,p.  .Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi baseline (A1) yang dilakukan sebanyak empat kali pengamatan dan memperoleh persentase 22%,22%.22%22%. Pada kondisi Intervensi (B) yang dilakukan sebanyak tujuh kali pengamatan dengan memperoleh persentase stabil 50%,60%,80%,80%,100%,100%,100% Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media prezi dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan bilabial b,m,p bagi anak slow learner.

 


Keywords


Media Prezi, Konsonan Bilabial, Slow Learner

References


Ardini, N. (2018). Karakteristik Siswa Slow Learner Di Sdn Sanggrahan Kulon. Basic Education: Jurnal Elektronik PGSD, 07(31), 3.027-3035. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13861

Alvyenti, P., Mahdi, A., Kunci:, K., Balok, A. ;, & Bilangan Bulat, A. ; (2023). Efektivitas Media Balok Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Puluhan bagi Anak Attention Deficit Hyperactivy Disorder. Efektivitas Media Balok Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Puluhan Bagi Anak Attention Deficit Hyperactivy Disorder, 11, 1–9.

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2

Mardatillah, Iswari, M., & Mahdi, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Busy Book Bagi Anak Disleksia Kelas 3 SD. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/480401

Ningrum, A. U., & Mahdi, A. (2022). Efektivitas Media Pasir dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Disleksia. http://repository.unp.ac.id/47312/1/B1_2_ULFA_ALIFIA_NINGRUM_18003169_2838_2023.pdf

Nurhayati. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Gambar Dan Simbol Pada Kelompok B2 Tk Dharma Wanita Kalijaga. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 128–145. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372


Article Metrics

 Abstract Views : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.