Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad dengan Menggunakan Media Sandpaper Letter pada Anak Slow Learner

Mahaputri Ilhammi(1), Johandri Taufan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.131351

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada permasalahan anak slow learner yang sebelumnya belum mampu mengenal huruf di kelas 3 SD. Sasaran penelitian ini ialah untuk manaikkan keterampilan anak dalam mengenal huruf abjad (v, w, y) dengan menerapkan media amplas letter Kelas III SDN 09 Koto Lua. Penelitian ini melangsungkan desain eksperimental dengan metode subjek tunggal atau single subject research (SSR) dan rancangan A-B-A. Subjek penelitian adalah anak slow learner kelas 3 SD SDN 09 Koto Lua. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi dasar (A1) diperoleh hasil sebesar 40%, 50%, 50%, sedangkan pada kondisi intervensi (B) diperoleh hasil sebesar 50%, 60%, 65%, 65%, 65% dan terakhir pada kondisi dasar (A2) diperoleh hasil sebesar 70%, 75%, 80%. Berdasarkan analisis data penelitian ini didapatkan bahwa setelah menggunakan amplas berbasis Montessori pada anak yang termasuk slow learner mengalami peningkatan kemampuan mengenal huruf alfabet.


Keywords


Mengenal Huruf, Media Sandpaper Letter, Slow Learner.

References


Candra, E., & Rahmawati, A. (2016). Peningkatan Pengenalan Huruf Melalui Media Pembelajaran Sandpaper Letters Pada Anak Kelompok A TK ABA Thoyibah Banyuanyar Tahun Ajaran 2015/2016.

Damayanti, N. (2020). PENGARUH METODE PQ4R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 186–192.

Dwiastuti, I. (2014). Metode Jolly Phonics sebagai alternatif stimulasi kesiapan membaca anak usia dini. Jurnal Sains Psikologi, 3(1), 128633.

Marlina, M. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal.

Sunanto, J. (2005). Pengantar penelitian dengan subyek tunggal.

Suryani, Y. D. (2019). Pengaruh Media Sandpaper Letters Terhadap Kemampuan Menulis Anak Kelompok B di Paud Cahaya Ananda Palembang. Jurnal Hibualamo: Seri Ilmu-Ilmu Sosial Dan Kependidikan, 3(2), 115–120.


Article Metrics

 Abstract Views : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.