The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada permasalahan anak slow learner yang sebelumnya belum mampu mengenal huruf di kelas 3 SD. Sasaran penelitian ini ialah untuk manaikkan keterampilan anak dalam mengenal huruf abjad (v, w, y) dengan menerapkan media amplas letter Kelas III SDN 09 Koto Lua. Penelitian ini melangsungkan desain eksperimental dengan metode subjek tunggal atau single subject research (SSR) dan rancangan A-B-A. Subjek penelitian adalah anak slow learner kelas 3 SD SDN 09 Koto Lua. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi dasar (A1) diperoleh hasil sebesar 40%, 50%, 50%, sedangkan pada kondisi intervensi (B) diperoleh hasil sebesar 50%, 60%, 65%, 65%, 65% dan terakhir pada kondisi dasar (A2) diperoleh hasil sebesar 70%, 75%, 80%. Berdasarkan analisis data penelitian ini didapatkan bahwa setelah menggunakan amplas berbasis Montessori pada anak yang termasuk slow learner mengalami peningkatan kemampuan mengenal huruf alfabet.


Keywords


Mengenal Huruf, Media Sandpaper Letter, Slow Learner.