Abstract
Penelitian ini difokuskan pada permasalahan anak slow learner yang sebelumnya belum mampu mengenal huruf di kelas 3 SD. Sasaran penelitian ini ialah untuk manaikkan keterampilan anak dalam mengenal huruf abjad (v, w, y) dengan menerapkan media amplas letter Kelas III SDN 09 Koto Lua. Penelitian ini melangsungkan desain eksperimental dengan metode subjek tunggal atau single subject research (SSR) dan rancangan A-B-A. Subjek penelitian adalah anak slow learner kelas 3 SD SDN 09 Koto Lua. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi dasar (A1) diperoleh hasil sebesar 40%, 50%, 50%, sedangkan pada kondisi intervensi (B) diperoleh hasil sebesar 50%, 60%, 65%, 65%, 65% dan terakhir pada kondisi dasar (A2) diperoleh hasil sebesar 70%, 75%, 80%. Berdasarkan analisis data penelitian ini didapatkan bahwa setelah menggunakan amplas berbasis Montessori pada anak yang termasuk slow learner mengalami peningkatan kemampuan mengenal huruf alfabet.