Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata Benda Melalui Modifikasi Permainan Teka-Teki Silang pada Anak Disleksia
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v13i1.131193
Abstract
Artikel ini mangulas tentang meningkatkan kemampuan mengenal kata benda melalui modifikasi permainan teka-teki silang pada anak disleksia. Riset ini memakai tipe riset kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR). Dengan desain A-B-A. Informasi dianalisis dengan analisis visual grafik. Metode dalam pengumpulan informasi berbentuk uji serta perlengkapan pengumpulan informasi. Dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi pada satu siswa disleksia yang belum mampu mengenal kata benda yang mengandung huruf b, p, m, w dan d sudah berada di kelas III. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal kata benda pada siswa disleksia dengan menggunakan modifikasi permainan teka-teki silang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadinya peningkatan presentase mengenal kata benda pada siswa disleksia melalui modifikasi permainan teka-teki silang dibuktikan dengan kondisi A1 pesentase 27%,27%,27%. Kondisi B presentase 40%,60%,66%,66%,85%,85%,85% dan kondisi A2 presentase 93%,93%,93%. Setelah dianalisis maka permainan teka-teki silang dapat meningkatkan mengenal kata benda bagi siswa disleksia.
Keywords
References
Aini, E. P. (2023). Penggunaan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Mengenal Kata. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(1), 128-139.
Arsyad, F. A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Teka-teki Silang untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Sumbe Kelas V SD Inpres Sanrangan Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.
Haifa, N., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Pengenalan Ciri Anak Pengidap Disleksia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 21-32
Ismawati, D., Maylamirsyah, M. R., & Zulfiati, H. M. (2024). Implementasi Ajaran Tamansiswa Tri N (Niteni, Niroake, Nambahi) Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Media Teka-Teki Silang. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(2), 236-241.
Marlina, M. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal.
Oktamarina, L., Rosalina, E., Utami, L. S., Duati, S. F. K., Dzakiyyah, C., Sari, R. P., & Julita, M. S. (2022). Gangguan gejala disleksia pada anak usia dini. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(02), 104-118.
Rismawati, R., Andari, K. D. W., & Kartini, K. (2020). Perbandingan Kemampuan Membaca Permulaan Antara Metode Suku Kata Dengan Metode Eja Berbantuan Media Kartu Kata. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 41-46.
Article Metrics
Abstract Views : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.