Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Kosakata Kerja Melalui Penggunaan Media Wordwall pada Siswa Disabilitas Rungu Fase C
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130535
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
A, A. M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kosakata menggunakan Media Popup Book pada Anak Tunarungu Kelas Dasar III di SLB Negeri Barru. Universitas Negeri Makassar.
Ahmad, S. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Prenada Media Group.
Amelia, H. (2020). Efektivitasa Metode Demonstrasi dalam Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Boneka dari Kaus Kaki bagi Anak Tunagrahita Ringan. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 136–143.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Francisco, A. R. L. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(September), 60–70.
Habibi, M., Zikri, A., Chandra, Suriani, A., & Azima, N. F. (2023). Media Papan Cerita Rumpang Berbasis Educational Mobile Game untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 3004–3019. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8193
Hamimah, R. M. P. dan. (2023). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 09 Bandar Buat Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2017), 17684–17690. https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/8645%0Ahttps://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/download/8645/7051
Herlina, D., & Sulistiyarini, S. (2024). Konfiks Ke-an dalam Bahasa Indonesia. 16(1), 1–14.
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 19.
Irvan, M. (2020). Urgensi Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dini. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(2), 108. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p108-112
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Marlim, Y. N., & Kurniawan, W. J. (2018). Perancangan Sistem Pakar Untuk Menentukan Kelas Pada Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Metode Fordward Chaining. 2(2), 7–15.
Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Man 1 Lamongan. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, VI(Vol 6 No 2), 189–199. https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5628
Noviawati, P. (2017). In Deaf Children (Case Study Using Swishmax Media). In S1 thesis (Issue Universitas Negeri Semarang).
Oktaviani, P. S., Casnan, C., Hadiana, O., Heriyana, T., & Nurhayati, T. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Dan Mistar Pintar Terhadap Hasil Belajar Operasi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Rendah. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 9(2), 125–136. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i2.7814
Opi Andriani, Ramadhan, F. A., Ramadhan, F., & Wulandari, P. (2023). Pentingnya Menggali Karakteristik dan Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Secara Mental Emosional dan Akademik. Jurnal Pendidikan & Pengajaran (Jupe2), 2(1), 96–110. https://doi.org/10.54832/jupe2.v2i1.245
Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162
Putri, O. S., Artistia, P., Nurhaliza, N., & Andriani, O. (2024). Karakteristik Dan Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Secara Mental Emosional Dan Akademik. Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya: SINKRON, 2(1), 100. https://doi.org/10.32832/jpmuj.v2i1.2209
Rahmah, F. N. (2018). Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya. Quality, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744
SANGID, A., & MUHIB, M. (2019). Strategi Pembelajaran. Tarling : Journal of Language Education, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.24090/tarling.v2i1.2226
Sari, V. K., & Wibowo, A. (2021). Hubungan Kecerdasan Intrapersonal dengan Minat Belajar Matematika Kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Karanganyar. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.22515/jenius.v2i1.3647
Somantri, S. (2022). Psikologi Anak Luar Biasa. Refika Aditama.
Tarigan, H. G. (2015a). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.
Tarigan, H. G. (2015b). Pengajaran Kosakata. Angkasa.
Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68–83. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20375
Zahro, N. A. Q. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall. A b d i m a J u r n a l P e n g a b d i a n M a h a s i s w A, 2(1), 2878–2886.
Zahro, U. A., & Dkk. (2020). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Pekerjaan Orang Tua. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 187–198. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13675
Zannah, M., & Hanifah, N. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Isrok’atun. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar , 8(1), 55–56. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/indexDOI:https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i154
Zulaiha, D. (2018). Peran Guru Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Di Era Teknologi Digital. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas Pgri Palembang, 616–620.
Article Metrics
Abstract Views : 28 timesPDF Downloaded : 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.