Meningkatkan Kemampuan Tari Kreasi Sihutur Sanggul Pada Siswa Tunarungu SMALB Binjai Melalui Media Pembelajaran Video Tutorial
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130533
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan dalam meningkatkan kemampuan tari kreasi Sihutur Sanggul pada siswa tunarungu di SMALB Binjai, di mana siswa menunjukkan kesulitan dalam penguasaan gerakan dasar, koordinasi, ekspresi, dan partisipasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran video tutorial dalam meningkatkan keterampilan tari siswa dengan kebutuhan khusus ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan satu siklus yang melibatkan eksperimen pretes dan postes. Media video tutorial digunakan sebagai alat utama dalam pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan tari siswa setelah penerapan media video tutorial. Evaluasi postes menunjukkan bahwa Nurfadillah dan M. Hafiz mencapai kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase 80% dan 93.33%, sementara Aliya dan Richard menunjukkan kemajuan ke kategori Cukup Baik (CB) dengan persentase 73.33%. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan video tutorial efektif dalam memperbaiki penguasaan gerakan, koordinasi, ekspresi, dan partisipasi siswa tunarungu.
Keywords
References
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Education, J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ipa Fisika Siswa Kelas IX Smp Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). 8(1), 231–234.
Desiningrum, Dinie Ratri. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan. Yogyakarta: Psikosain
Hapsari, N. D., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Augmented Reality Video Sebagai Suplemen Pada Modul Bahasa Isyarat. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 185±194.
Komalasari, H. (2014). Pengembanganmodel Pembelajaran Tari Untukmeningkatkan Kreativitas Siswa Tuna Netra Dan Tuna Rungu.
Salsabila, Elsya. (2020). Pembelajaran Seni Tari Pada Siswa Tunarungu di SLB Negeri Kota Tegal. Sarjana Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.
Trisakti, & Rahmadani. (2019). Pembelajaran Ekstarkurikuler Tari Pada Siswa Tunarungu SMPLB Karya Mulia Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 7 (1), 15-16.
Nurbayani,Sri, Yuliasma, & Afifaf Asriati. (2017). Menumbuhkan Kreativitas Anak Tunarungu Dalam Kegiatan Pengembangan Seni Tari di SLB Negeri 2 Padang. E-Journal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang, 6 (1), 25-26
Ni Made Yuni, S. N. L. , & S. (2021). Studi Tentang Pembelajaran Tari Pendetpada Anak Tunarungu di SLB Negeri 1 Gianyar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 1(2).
Article Metrics
Abstract Views : 38 timesPDF Downloaded : 14 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.