Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Game Secil pada Siswa Tunagrahita Ringan

Jihan Ramadhani(1), Setia Budi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130523

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak tunagrahita ringan kelas I di SLBN Sungai Bahar.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas media pembelajaran berbasis aplikasi game Secil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek dua siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes di mana anak diminta menyebutkan, menunjukkan, dan membedakan huruf abjad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, FD memperoleh skor 61,53% dan IM 57,69%.setelah intervensi lebih lanjut pada siklus II, skor meningkat menjadi 88,46% untuk FD dan 84,61% untuk IM . Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi game secil secara signifikan meningkat kemampuan mengenal huruf abjad pada anak tunagrahita ringan kelas I di SLBN Sungai Bahar. Oleh karena itu, game secil sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak tunagrahita ringan di sekolah tersebut.


Keywords


Anak Tunagrahita Ringan, Mengenal Huruf Abjad Game Secil

References


Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik . Rineka Cipta.

Astati. (2001). Pendidikan dan Pembinaan Karier Penyandang Tunagrahita Dewasa. Jakarta: Depdikbud.

Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (Jsp), 9(2)

Fitri, E., & Damri, Y. H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan Melalui Metode Drill Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(3).

Hardiyanti, F. P., & Azizah, N. (2019). Multimedia of Educational Game for Disability Intellectual Learning Process: A Systematic Review. 296(Icsie 2018), 360–368. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.66.

Khairiyah, K. Y., Lestari, T., Dianasari, E. L., Wisma, N., Karimun, U., & Abstract, A. (2019). Pelatihan Kompetensi Guru Sekolah Inklusif Dalam Pemahaman Anak Berkebutuhan Khusus Di Kabupaten Karimun. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(1), 61–69.

Laila, Salimatul Mardiah, and Damri Damri. (2023) "Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Menggunakan Media Tiga Dimensi pada Anak Tunagrahita Ringan." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan : 1735-1744.

Hasniati, Hasniati (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Media Gambar Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas D3/C (Penelitian Tindakan Kelas di SLB YAMIK Bayang). Diss. Universitas Negeri Padang.

Nurcholis, Faradhila Aziz, and Nur Azizah (2017) "Pengaruh mobile application marbel huruf terhadap kemampuan mengenal huruf anak tunagrahita ringan kelas II di slb negeri wonogiri." JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) 13.2 : 41-56.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.


Article Metrics

 Abstract Views : 70 times
 PDF Downloaded : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.