Efektivitas Teknik Time-Out untuk Mengurangi Perilaku Agresif Disabilitas Intelektual Kelas VII SMPLB Negeri 1 Solok

Dewi Dewi(1), Grahita Kusumastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130484

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini membahas tentang mengurangi perilaku agresif siswa disabilitas intelektual menggunakan teknik time-out , yang tujuanya adalah untuk membuktikan bahwa Teknik Time Out  Efektif untuk menurunkan Perilaku agresif yaitu memukul dan berkata kasar pada anak disabilitas intelektual kelas VII SMPLB Negeri 1 Solok.  Pada penelitianini digunakan dalam jenis penelitian yaitu eksperimen denga single subjct reasearch(SSR) berbentuk desainA-B-A. subjek dalam penelitianini adalah satu subjek siswa disabilitas intelektual kelas VII SMPLB. Penelitian ini menggunakan Teknik Time Out sebagai variabel bebas, dan variabel terikatnya yaitu mengurangi perilaku agresif. Teknikpengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik tes dengan alatpengumpulan databerupa instrumen. Teknik analisisdata yang di gunakan analisis visualgrafik. Hasilpenelitian ini menunjukkan perilaku agresif yaitu memukul dan berkata kasar pada siswa disabilitas intelektual menurun setelah diberikan modifikasi perilaku menggunakan teknik time-out. Dibuktikan Dengan Adanya penurunanperilaku agresif Memukul dan berkata kasar pada anak sama  dengan dalam  hasil analisis Data Dalam Kondisi Dan Antar Kondisi

Keywords


Teknik Time-Out, Perilaku Agresif, disabilitas intelektual

References


Alejos, H. (2017). No Titleالابتزاز الإلكتروني.. جرائم تتغذى على طفرة «التواصل ال. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7. http://www.albayan.ae

Dwi, C. (2020). Stimulasi Metode Time Out Dalam Menerapkan Sikap Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1, 60–69.

Marlina, M. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal.

Murhumm. (2024). Peran Guru dalam Mengatasi Anak Temper Tantrum melalui Metode Time Out pada Aktivitas Pembelajaran. 5(1), 230–241. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.518

Rahmawati, E. D. (2012). Hubungan antara kedisiplinan siswa dengan perilaku agresif siswa smp murni 1 surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakrta.

Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745

Sari, S. F. M., BINAHAYATI, B., & TAFTAZANI, B. M. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang Di Slb N Purwakarta). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 217–222. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14273

Yanti. (2018). Implementasi Metode Time Out Dalam Mengontrol Emosi Anak Usia Dini (Studi Pada Siswa Tk Inklusi Mutiara Hati Bandung). Oasis: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 3(1), 73–88.


Article Metrics

 Abstract Views : 63 times
 PDF Downloaded : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.