Abstract
Penelitian ini membahas tentang mengurangi perilaku agresif siswa disabilitas intelektual menggunakan teknik time-out , yang tujuanya adalah untuk membuktikan bahwa Teknik Time Out Efektif untuk menurunkan Perilaku agresif yaitu memukul dan berkata kasar pada anak disabilitas intelektual kelas VII SMPLB Negeri 1 Solok. Pada penelitianini digunakan dalam jenis penelitian yaitu eksperimen denga single subjct reasearch(SSR) berbentuk desainA-B-A. subjek dalam penelitianini adalah satu subjek siswa disabilitas intelektual kelas VII SMPLB. Penelitian ini menggunakan Teknik Time Out sebagai variabel bebas, dan variabel terikatnya yaitu mengurangi perilaku agresif. Teknikpengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik tes dengan alatpengumpulan databerupa instrumen. Teknik analisisdata yang di gunakan analisis visualgrafik. Hasilpenelitian ini menunjukkan perilaku agresif yaitu memukul dan berkata kasar pada siswa disabilitas intelektual menurun setelah diberikan modifikasi perilaku menggunakan teknik time-out. Dibuktikan Dengan Adanya penurunanperilaku agresif Memukul dan berkata kasar pada anak sama dengan dalam hasil analisis Data Dalam Kondisi Dan Antar Kondisi
Keywords
Teknik Time-Out, Perilaku Agresif, disabilitas intelektual