Efektivitas Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Bahasa Ekspresif Anak Gangguan Spektrum Autisme

Aliyah Salsabila(1), Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130469

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dengan kemampuan anak GSA dalam berbahasa ekspresif. Anak GSA tidak paham dengan Bahasa ekspresif (jatuh, jijik, perut, sendal, kerja, lelah, motor, pedas, permisi, dan ulat). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan mengucapkan Bahasa ekspresif bagi siswa autism di SLB Insan Mulia Payakumbuh dengan menggunakan media video animasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu Single Subject Research (SSR) dan desain A1-B, serta data di analisis menggunakan visual grafik dengan cara memasukkan data dalam grafik yang kemudian dianalisis berdasarkan kondisi A1-B. subjek penelitian adalah seorang siswa GSA ringan di kelas IV SLB Insan Mulia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi memberikan peningkatan terhadap kemampuan mengucapkan Bahasa ekspresif siswa dilihat dari fase baseline (A1) yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan, fase yang kedua intervensi (B) sebanyak sebanyak 14 kali pertemuan. Pada fase baseline (A1) menunjukkan hasil yang stabil yaitu 0% untuk 3 kali pertemuan. Fase yang kedua intervensi dihentikan pada pertemuan ke 17 karena kemampuan siswa sudah stabil dan menunjukkan penigkatan yaitu berkisar dari 10% hingga 90%. Berdasarkan perolehan data yang didapatkan disimpulkan bahwa kemampuan mengucapkan Bahasa ekspresif siswa GSA rigan meningkat setelah menggunakan video animasi dalam pembelajaran.


Keywords


Bahasa Ekspresif, Gangguan Spektrum Autisme, Video Animasi

References


Angelina, M. T., Sidabutar, T. Y., & Turnip, H. (2023). Asesmen Gaya Belajar Anak Gangguan Spektrum Autisme prosedur Applied Behavioral Analysis ( ABA ) untuk mengajarkan perilaku. 02(03), 9–16.

Ilhamri, T., & Marlina, M. (2020). Penggunaan Video Tutorial Gerak Dasar Senam Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Basicedu, 5(1), 41–46.

Maifajri, R., & Rahmahtrisilvia, R. (2024). Efektivitas Media Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Menyetrika Pakaian Seragam Sekolah bagi Anak Disabilitas Intelektual Ringan. Al-DYAS, 3(1), 437–448.

Rahmahtrisilvia, Setiawan, R., Fatmawati, & Sopandi, A. A. (2021). Asesmen Gaya Belajar Anak Gangguan Spektrum Autisme. In Oxford University Press.

Tinova, A., & Ardisal, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Menggunakan Video Animasi pada Siswa Tunagrahita Ringan di Kelas V SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang. Jurnal Pendidikan, 32(2), 207–216.

Yolanda, W., & Mukhlis, M. (2021). Gaya Belajar Siswa Autis di Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Pekanbaru. J-LELC: Journal of Language Education, Linguistics, and Culture, 1(3), 30–35.


Article Metrics

 Abstract Views : 57 times
 PDF Downloaded : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.