Peran Orangtua dalam Memandirian Anak Tunagrahita di SLBN 2 Kota Pariaman

Desri Selvia(1), Asap Ahmad Sopandi(2), Damri Damri(3), Grahita Kusumastuti(4), Syari Yuliana(5),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130447

Full Text:    Language : en

Abstract


Peran orangtua sangat penting dalam memandirikan anak tunagrahita, salah satunya untuk memberikan motivasi kepada anak dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran orangtua dalam memandirikan anak tunagrahita. Tujuan penelitian ini untuk melihat peran orangtua dalam memandirikan anak tunagrahita. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model deksriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SLBN 2 Kota Pariaman, dengan penarikan sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan jumlah 12 anak tunagrahita. Instrumen penelitian menggunakan angket kemandirian anak yang diisi oleh orangtua sampel. Pengolahan analisis data menggunakan Microsoft excel dengan rumus product moment. Hasil penelitian adalah terdapat 8 anak (50%) dengan interval 64 – 58 pada kategori selalu, 2 anak (13%) dengan interval 57 – 52 pada kategori sering, 2 anak (13%) dengan interval 51 – 46 pada kategori kadang, dan 4 anak (25%) dengan interval 40 – 34 pada kategori tidak pernah

Keywords


Orangtua, tunagrahita, kemandirian

References


Ansori. (2015). Kajian Teori Motivasi Belajar. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.

Hafid, A., Zahro, I. F., & Kasih, D. A. (2023). Penerapan Pendekatan Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita SDLB Negeri Sumbang Bojonegoro. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 103–117.

Haryono, S. E. (2018). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian dan kemampuan regulasi emosi anak usia dini. Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(1), 1–10.

Ismayani, A. (2019). Metodologi penelitian. Syiah Kuala University Press.

Khiyarusoleh, U., Anis, A., & Yusuf, R. I. (2020). Peran orang tua dan guru pembimbing khusus dalam menangani kesulitan belajar bagi anak slow learner. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 238–244.

Nurlaila, S. (2022a). (KEASLIAN TULISAN HARUS BERMETERAI.. UPLOAD ULANG) Peran Orang Tua dalam Memandirikan Anak Tunagrahita di TK Inklusi Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Ngabar Siman Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Nurlaila, S. (2022b). Peran Orang Tua Dalam Memandirikan Anak Tunagrahita Di TK Inklusi Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Ngabar Siman Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Rahmatika, S. N., & Apsari, N. C. (2020). Positive Parenting: Peran Orang Tua Dalam Membangun Kemandirian Anak Tunagrahita. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 329–340.

Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912.

Soendari, T. (2012). Metode penelitian deskriptif. Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 17.


Article Metrics

 Abstract Views : 33 times
 PDF Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.