Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf-Huruf Abjad Menggunakan Video Pembelajaran Animasi Interaktif bagi Anak Disabilitas Intelektual Ringan Kelas IV di SLB Insan Mulia Payakumbuh

Mia Audina(1), Johandri Taufan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130396

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini berfokus pada masalah seorang anak dengan disabilitas intelektual ringan yang belum mampu mengenal huruf meskipun sudah berada di kelas IV. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi peningkatan kemampuan mengenal huruf-huruf abjad pada anak dengan disabilitas intelektual ringan di kelas IV SLB Insan Mulia Payakumbuh setelah menggunakan video pembelajaran animasi interaktif. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan metode subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dan desain A-B. Subjek penelitian adalah anak disabilitas intelektual ringan di kelas IV SLB Insan Mulia Payakumbuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A1), hasilnya adalah 20%, 20%, 20%, 20%, sementara pada kondisi intervensi (B) diperoleh hasil 30%, 30%, 35%, 35%, 40%, 40%, 60%, 80%, 80%, 80%. Berdasarkan analisis data, penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf-huruf abjad pada anak disabilitas intelektual ringan meningkat setelah penggunaan video pembelajaran animasi interaktif.

Keywords


Huruf Abjad, Video Pembelajaran, Animasi Interaktif, Disabilitas intelektual ringan

References


Asmayanti, A., Budiyono, H., & Syuhada, S. (2022). Penggunaan Media Video Berbasis Poowton pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 231–241. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i3.488

Damayanti, R., & Yuanta, F. (n.d.). ISSN 2548-9119 Media Animasi Interaktif untuk Meningkatkan Minat Baca Anak. 1–8.

Fauzaturrohmah, Z. S., & Christiana, E. (2016). Pengaruh Permainan Berburu Harta Karun Abc Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A2. Jurnal: PAUD Teratai, 5(2), 129–133.

Herik, E., Mohammad Sah, M., Mikarna Kaimuddin, S., Sriwaty Sunarjo, I., & Fajriah, L. (2022). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Mengenal Huruf Dan Angka Bagi Anak Tunagrahita. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 61–69.

Ibnu haris. (2015). Efektivitas Teknik Mnemonic Terhadap Pengenalan Huruf Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Trangsan 1 Gatak Sukoharjo. Analisi Tecnologi Acceptance Model )TAM) Terhadap Tingkat Penerimaan e -Learning Pada Kalangan Mahasiswa, 3(2), 54–67. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Maulidiyah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647

Mazidah, N., & Khamim Zarkasih Putro. (2023). Pengenalan Huruf Abjad Melalui Tutur Bahasa pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 145–149. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.1953

Munir, Setiawan, W., Nugroho, E. P., Kusnendar, J., & Wibawa, A. P. (2018). The effectiveness of Multimedia in Education for Special Education (MESE) to improve reading ability and memorizing for children with intellectual disability. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(8), 254–263. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i08.8291

Nurcholis, F. A., & Nur, A. (2018). Pengaruh Mobile Application Marbel Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan Kelas Ii Di Slb Negeri Wonogiri. Jpk: Jurnal Pendidikan Khusus, 13(2), 41–56.

Rahmadani, D., & Kasiyati. (2023). Efektivitas Mengenal Huruf Vokal Menggunakan Media Pembelajaran Pin Activity Pada Anak Tunagrahita Ringan. JUPPEKhu, 11(2), 1–8.

Salma Fauziyah, U., & Sri Nugraheni, A. (2021). Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Tuna Grahita Ringan Dengan Metode Pembelajaran Visuomotor. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 116–129. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14022

Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745

Taufan, J., Ardisal, A., & Konitah, K. Y. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Disleksia di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jurnal Basicedu, 4(4), 1149–1159. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.521

Tinova, A., & Ardisal, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Menggunakan Video Animasi pada Siswa Tunagrahita Ringan di Kelas V SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang. Jurnal Pendidikan, 32(2), 207–216. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3817

Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip khusus dan jenis layanan pendidikan bagi anak tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2).

Yosiani, N. (2014). Relasi karakteristik anak tunagrahita dengan pola tata ruang belajar di sekolah luar biasa. E-Journal Graduate Unpar, 1(2), 111–124.


Article Metrics

 Abstract Views : 44 times
 PDF Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.