Abstract
Penelitian ini berfokus pada masalah seorang anak dengan disabilitas intelektual ringan yang belum mampu mengenal huruf meskipun sudah berada di kelas IV. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi peningkatan kemampuan mengenal huruf-huruf abjad pada anak dengan disabilitas intelektual ringan di kelas IV SLB Insan Mulia Payakumbuh setelah menggunakan video pembelajaran animasi interaktif. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan metode subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dan desain A-B. Subjek penelitian adalah anak disabilitas intelektual ringan di kelas IV SLB Insan Mulia Payakumbuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A1), hasilnya adalah 20%, 20%, 20%, 20%, sementara pada kondisi intervensi (B) diperoleh hasil 30%, 30%, 35%, 35%, 40%, 40%, 60%, 80%, 80%, 80%. Berdasarkan analisis data, penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf-huruf abjad pada anak disabilitas intelektual ringan meningkat setelah penggunaan video pembelajaran animasi interaktif.
Keywords
Huruf Abjad, Video Pembelajaran, Animasi Interaktif, Disabilitas intelektual ringan