The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini berfokus pada masalah seorang anak dengan disabilitas intelektual ringan yang belum mampu mengenal huruf meskipun sudah berada di kelas IV. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi peningkatan kemampuan mengenal huruf-huruf abjad pada anak dengan disabilitas intelektual ringan di kelas IV SLB Insan Mulia Payakumbuh setelah menggunakan video pembelajaran animasi interaktif. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan metode subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dan desain A-B. Subjek penelitian adalah anak disabilitas intelektual ringan di kelas IV SLB Insan Mulia Payakumbuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A1), hasilnya adalah 20%, 20%, 20%, 20%, sementara pada kondisi intervensi (B) diperoleh hasil 30%, 30%, 35%, 35%, 40%, 40%, 60%, 80%, 80%, 80%. Berdasarkan analisis data, penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf-huruf abjad pada anak disabilitas intelektual ringan meningkat setelah penggunaan video pembelajaran animasi interaktif.

Keywords


Huruf Abjad, Video Pembelajaran, Animasi Interaktif, Disabilitas intelektual ringan