Meningkatkan Kemampuan Mengenal Geometri dengan Media Geoboard pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan Kelas VII
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130308
Full Text: Language : en
Abstract
Keywords
References
Amelia, H. (2020). Efektivitasa Metode Demonstrasi dalam Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Boneka dari Kaus Kaki bagi Anak Tunagrahita Ringan. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 136–143.
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. In Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.
Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran; Edisi revisi.
Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. PT Remaja Rosdakarya.
Beaty, J. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini (Cet. 1). Jakarta: Kencana Prenada.
Dolhasair, G., & Karsono, siti istiyati. (2017). Penggunaan Media Geoboard (Papan Berpaku) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10339
Elan, E., Dindin, A. M. L., & Feranis, F. (2017). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. JPA (Jurnal Paud AGAPEDIA), Vol 1. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7168
Harahap, H. E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran GeoBoard (Papan Berpaku) Untuk Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar di Kelas IV-A MIN 1 PADANGSIDIMPUAN. 29–30.
Irdamurni, I., & Rahmiati, R. (2015). Pendidikan Inklusif: Sebagai Solusindalam Mendidik Anak Istimewa.
Iswari, M. (2007). Pendidikan Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.
Kasiyati, & Kusumastuti, G. (2019). Perspektif Pendidikan Anak Tunagrahita. Press, SUKABINA.
Kustawan, D. (2013). Penilaian Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Luxima.
Lisinus, R., & Sembiring, P. (2020). PEMBINAAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Sebuah Perspektif Bimbingan dan Konseling) (M. Iqbal (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Lusyana, E., & Wulandari, S. (2023). JURNAL AL-ILMU JURNAL AL-ILMU. 1(2), 1–9.
Madya, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. In Alfabeta.
Mudjito, Harizal, & Elfindri. (2019). Pendidikan Inklusif (H. Wardi (ed.)). Baduose Media. https://ecampus-fip.umj.ac.id/repo/handle/123456789/6579
Mulyasa, E. (2007). Implementasi Kurikulum 2004: Perpaduan Pembelajaran KBK. Bandung: Rosda.
Mulyasa, E. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya.
Pangastuti, R. (2019). Media Puzzle untuk Mengenal Bentuk Geometri. JECED (Journal of Early Childhood Education and Development, Vol 1. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jeced.v1i1.496
Sanjaya, DR.H, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.
Saputra, N. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sriningsih, N. (2009). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.
Suharjo, B. (2013). Membantu Anak Belajar Matematika. Gresik: Scientia Publishing.
Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus: cara membantu mereka agar berhasil dalam pendidikan inklusif. UNP Press.
Susilo, H., Husnul, C., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Wantah. (2007). Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Ringan Mampu Latih. Direktorat Jendral Perguruan Tinggi.
Yatiningsih, R. (2009). Meningkatkan prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan Geometri melalui media Geoboard pada siswa tuna netra kelas D-2 semester 2 SLB-A Yaat Klaten Tahun Pelajaran 2008/2009.
Yosian, N. (2014). RELASI KARAKTERISTIK ANAK TUNAGRAHITA DENGAN POLA TATA RUANG BELAJAR DI SEKOLAH LUAR BIASA. E-Journal Graduate Unpar, 1 No.2, 111–124
Article Metrics
Abstract Views : 82 timesPDF Downloaded : 15 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.