Meningkatkan Kemampuan Mengenal Geometri dengan Media Geoboard pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan Kelas VII

Siska Andriani(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130308

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada anak disabilitas intelektual ringan dikelas VII di SLB Negeri Stabat Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal geometri dengan media geoboard pada anak disabilitas intelektual di SLB Negeri Stabat Sumatera Utara. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatkan kemampuan mengenal geometri dengan media geoboard pada anak disabilitas intelektual kelas VII di SLB Negeri Stabat Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek sebanyak 4 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah instrument test. Dilihat dari hasil kemampuan siswa dari awal yang hanya mendapatkan nilai M 50%, K  46%, F 43%, dan B 53%, kemudian hasil akhir yang didapatkan masing-masing anak pada siklus 1 adalah M 75%  K 58,33%, F 66,67%, B 58,33%, sedangkan hasil yang didapatkan pada akhir siklus II adalah M 100%, K 91,67%, F 91,67%, B 91,67%. Maka dapat disimpulkan bahwa mengenal geometri dengan media geoboard pada anak disabilitas intelektual kelas VII di SLB Negeri Stabat Sumatera Utara terjadi peningkatan dengan baik sehingga media geoboard ini sangat cocok digunakan sebagai media pembelajaran matematika untuk anak disabilitas intelektual ringan di SLB Negeri Stabat Sumatera Utara

Keywords


Geometri, Geoboard, Disabilitas Intelektual

References


Amelia, H. (2020). Efektivitasa Metode Demonstrasi dalam Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Boneka dari Kaus Kaki bagi Anak Tunagrahita Ringan. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 136–143.

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. In Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.

Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran; Edisi revisi.

Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. PT Remaja Rosdakarya.

Beaty, J. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini (Cet. 1). Jakarta: Kencana Prenada.

Dolhasair, G., & Karsono, siti istiyati. (2017). Penggunaan Media Geoboard (Papan Berpaku) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10339

Elan, E., Dindin, A. M. L., & Feranis, F. (2017). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. JPA (Jurnal Paud AGAPEDIA), Vol 1. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7168

Harahap, H. E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran GeoBoard (Papan Berpaku) Untuk Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar di Kelas IV-A MIN 1 PADANGSIDIMPUAN. 29–30.

Irdamurni, I., & Rahmiati, R. (2015). Pendidikan Inklusif: Sebagai Solusindalam Mendidik Anak Istimewa.

Iswari, M. (2007). Pendidikan Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.

Kasiyati, & Kusumastuti, G. (2019). Perspektif Pendidikan Anak Tunagrahita. Press, SUKABINA.

Kustawan, D. (2013). Penilaian Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Luxima.

Lisinus, R., & Sembiring, P. (2020). PEMBINAAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Sebuah Perspektif Bimbingan dan Konseling) (M. Iqbal (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Lusyana, E., & Wulandari, S. (2023). JURNAL AL-ILMU JURNAL AL-ILMU. 1(2), 1–9.

Madya, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. In Alfabeta.

Mudjito, Harizal, & Elfindri. (2019). Pendidikan Inklusif (H. Wardi (ed.)). Baduose Media. https://ecampus-fip.umj.ac.id/repo/handle/123456789/6579

Mulyasa, E. (2007). Implementasi Kurikulum 2004: Perpaduan Pembelajaran KBK. Bandung: Rosda.

Mulyasa, E. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya.

Pangastuti, R. (2019). Media Puzzle untuk Mengenal Bentuk Geometri. JECED (Journal of Early Childhood Education and Development, Vol 1. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jeced.v1i1.496

Sanjaya, DR.H, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.

Saputra, N. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sriningsih, N. (2009). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.

Suharjo, B. (2013). Membantu Anak Belajar Matematika. Gresik: Scientia Publishing.

Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus: cara membantu mereka agar berhasil dalam pendidikan inklusif. UNP Press.

Susilo, H., Husnul, C., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Wantah. (2007). Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Ringan Mampu Latih. Direktorat Jendral Perguruan Tinggi.

Yatiningsih, R. (2009). Meningkatkan prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan Geometri melalui media Geoboard pada siswa tuna netra kelas D-2 semester 2 SLB-A Yaat Klaten Tahun Pelajaran 2008/2009.

Yosian, N. (2014). RELASI KARAKTERISTIK ANAK TUNAGRAHITA DENGAN POLA TATA RUANG BELAJAR DI SEKOLAH LUAR BIASA. E-Journal Graduate Unpar, 1 No.2, 111–124


Article Metrics

 Abstract Views : 82 times
 PDF Downloaded : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.