Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menjahit Lenan Rumah Tangga Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction pada Anak Tunarungu

Nur Azizah Batubara(1), Gaby Arnez(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130307

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian dilakukan bertujuan ingin melihat apakah model pembelajaran Explicit Instruction yang diterapkan dapat meningkatkan keterampilan menjahit lenan rumah tangga pada peserta didik tunarungu yang rendah. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang siswi tunarungu kelas X berjenis kelamin perempuan. Metode pengumpulan data meliputi tes dan observasi. Penelitian ini dilakukan bekerjasama dengan guru kolabolator yang dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan serta observasi dan refleksi. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran, yang setiap siklus memiliki empat kali pertemuan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Explicit Instruction telah terbukti dapat meningkatkan keterampilan menjahit lenan rumah tangga peserta didik tunarungu kelas X pada SLBN Padang Lawas Utara. Dari hasil penelitian diketahui kemampuan awal peserta didik adalah JM 59 dan EF 57, kemudian pada siklus I meningkat menjadi JM 78 dan EF 80, selanjutnya pada siklus II kemampuan peserta didik meningkat yaitu JM 94 dan EF 86

Keywords


Tunarungu, Menjahit Lenan Rumah Tangga, Model Explicit Instruction

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Remaja Rosdakarya.

Jasiah … Taufiq, A. (2021). Mahir Menguasai PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dalam 20 Hari. ADAB.

Santoso, M. (2022). PENERAPAN MODEL EXPLICIT INTRUCTION DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 1 SINDUE TOMBUSABORA. AL MANHAJ TARBIYAH, 1(1), 68–82.

Sehana, F., Ambarita, B., & Siagian, S. (2019). Meningkatan Kemampuan Guru dalam Membelajarkan Keterampilan Vokasional kepada Anak Tunagrahita. The Academic Research Community Publication, 3(4), 78–84. https://doi.org/10.21625/archive.v3i4.541

Silma, E. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa IPS Kelas XI Pada Pelajaran Ekonomi (Akuntansi) Di SMAN 1 Langgam (Elghina Silma) 68 Pengaruh Penerapan model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap M. Pekbis Jurnal, 9(1), 68–76.


Article Metrics

 Abstract Views : 66 times
 PDF Downloaded : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.