The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian dilakukan bertujuan ingin melihat apakah model pembelajaran Explicit Instruction yang diterapkan dapat meningkatkan keterampilan menjahit lenan rumah tangga pada peserta didik tunarungu yang rendah. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang siswi tunarungu kelas X berjenis kelamin perempuan. Metode pengumpulan data meliputi tes dan observasi. Penelitian ini dilakukan bekerjasama dengan guru kolabolator yang dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan serta observasi dan refleksi. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran, yang setiap siklus memiliki empat kali pertemuan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Explicit Instruction telah terbukti dapat meningkatkan keterampilan menjahit lenan rumah tangga peserta didik tunarungu kelas X pada SLBN Padang Lawas Utara. Dari hasil penelitian diketahui kemampuan awal peserta didik adalah JM 59 dan EF 57, kemudian pada siklus I meningkat menjadi JM 78 dan EF 80, selanjutnya pada siklus II kemampuan peserta didik meningkat yaitu JM 94 dan EF 86

Keywords


Tunarungu, Menjahit Lenan Rumah Tangga, Model Explicit Instruction