Meningkatkan Kemampuan Membedakan Panjang Pendek dan Pendek Menggunakan Media Long Rods Bagi Siswa Tunagrahita Ringan
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130297
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses peningkatan kemampuan membedakan panjang dan pendek melalui media LongRods pada siswa kelas IV tunagrahita ringan di SLB N Padangsidimpuan. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti bersifat kualitatif. Data kualitatif ini berupa narasi dari informasi yang diperoleh selama penelitian yang menggambarkan bagaimana proses pembelajaran membedakan panjang dan pendek melalui media kereta huruf. Tindakan pada siklus I sampai siklus II. Dari hasil yang diperoleh, kemampuan awal anak dari Z 40%, Y 40%, kemudian diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi Z 60% Y 60%, kemudian dilanjutkan pada siklus II, kemampuan anak selanjutnya meningkat menjadi Z 90% dan Y 80%. Dari hasil penelitian setelah menggunakan media LongRods dapat meningkatkan kemampuan pengukuran siswa kelas IV tunagrahita ringan di SLBN Padangsidimpuan.
Keywords
References
Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal Pendidikan Isla
Rahmat, S., Lenggang, D. E., Yulinda, K. K., & Rudi, C. (2020). Pengembangan flashcard berbasis karakter hewan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf siswa tunagrahita ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 39–40.
Hanifah, H., & Nurdinah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI PRESS.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa
Article Metrics
Abstract Views : 27 timesPDF Downloaded : 4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.