The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses peningkatan kemampuan membedakan panjang dan pendek melalui media LongRods pada siswa kelas IV tunagrahita ringan di SLB N Padangsidimpuan. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti bersifat kualitatif. Data kualitatif ini berupa narasi dari informasi yang diperoleh selama penelitian yang menggambarkan bagaimana proses pembelajaran membedakan panjang dan pendek melalui media kereta huruf. Tindakan pada siklus I sampai siklus II. Dari hasil yang diperoleh, kemampuan awal anak dari Z 40%, Y 40%, kemudian diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi Z 60% Y 60%, kemudian dilanjutkan pada siklus II, kemampuan anak selanjutnya meningkat menjadi Z 90% dan Y 80%. Dari hasil penelitian setelah menggunakan media LongRods dapat meningkatkan kemampuan pengukuran siswa kelas IV tunagrahita ringan di SLBN Padangsidimpuan.


Keywords


Intellectual disability, Long and short differentiate, Longrods media