Efektivitas Metode Picture Exchange Communication System (PECS) dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif bagi Anak Gangguan Spektrum Autisme (GSA)

Ayu Sekar Kedhaton(1), Asep Ahmad Sopandi(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130293

Full Text:    Language : ind

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan dari metode intervensi Picture Exchange Communication System (PECS) untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada aspek bahasa reseptif pada anak dengan Gangguan Spektrum Autisme. Khususnya dalam indikator mengikuti perintah dan mengidentfikasi objek. Penelitian ini memggunakan pendekatan Single Subject Research . Pengukuran pada penelitian ini diukur dengan menggunakan desain A-B-A dengan 17 kali pengamatan frekuensi respon terhadap indikator bahasa reseptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi dengan metode PECS dapat memiliki pengaruh pada tingkat frekuensi respon anak GSA pada indikator mengikuti perintah dalam aspek bahasa reseptif sehingga metode PECS dinilai efektif. 

Keywords


Autisme, Bahasa, Reseptif, PECS

References


Bondy, A., & Frost, L. (2011). A picture's worth: PECS and other visual communication strategies in autism. Woodbine House.

Fatwikiningsih, N. (2022). Metode Berkomunikasi dengan Gambar untuk Menstimulasi Kemampuan Berbahasa dan Berkomunikasi Anak. Penerbit Andi.

Hodges, H., Fealko, C., & Soares, N. (2020). Autism spectrum disorder: definition, epidemiology, causes, and clinical evaluation. Translational pediatrics, 9(Suppl 1), S55.

Imam, Y. (2020). Penelitian SSR (Single Subject Research) Buku 2.

Rahmahtrisilvia, R., Setiawan, R., & Sopandi, A. A. (2022). Asesmen Gaya Belajar untuk Anak Gangguan Spektrum Autisme.

Susanti, M. E. (2018). Upaya Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini Di Tk Assalam 2 Pulau Singkep Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).


Article Metrics

 Abstract Views : 65 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.