The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan dari metode intervensi Picture Exchange Communication System (PECS) untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada aspek bahasa reseptif pada anak dengan Gangguan Spektrum Autisme. Khususnya dalam indikator mengikuti perintah dan mengidentfikasi objek. Penelitian ini memggunakan pendekatan Single Subject Research . Pengukuran pada penelitian ini diukur dengan menggunakan desain A-B-A dengan 17 kali pengamatan frekuensi respon terhadap indikator bahasa reseptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi dengan metode PECS dapat memiliki pengaruh pada tingkat frekuensi respon anak GSA pada indikator mengikuti perintah dalam aspek bahasa reseptif sehingga metode PECS dinilai efektif. 

Keywords


Autisme, Bahasa, Reseptif, PECS