Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Peningkatan Memasang Baju Kemeja pada Disabilitas Netra
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130291
Full Text: Language : en
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan disabilitas netra dalam memasang baju kemeja pada mata pelajaran Activity Daily Living (ADL) kelas I di SLB A Yapentra, Sumut melalui model pembelajaran Direct Instruction. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas I SLB A Yapentra. Subjek penelitian adalah: satu siswa disabilitas netra kelas I SLB A Yapentra. Pengumpulan data penelitian melalui melalui penerapan model Direct Instruction, pengumpulan data penelitian melalui metode tes dan observasi, teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Hasi penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan disabilitas netra dalam memasang baju kemeja melalui penerapan model pembelajaran direct instruction. Hasil dari siklus I diperoleh data kemampuan memasang baju kemeja, Pra tindakan 52,08 % dalam kategori kurang, meningkat sebesar 20,83 % menjadi 72,91 %. Kategori cukup. Perbaikan dilakukan pada siklus II yaitu mengurangi bantuan yang diberikan, menkondisikan disabilitas netra agar lebih fokus dan memberikan kesempatan disabilitas netra aktif bertanya apabila mengalami kesulitan. Hasil dari tindakan siklus II diketahui bahwa disabilitas netra telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu: pada kemampuan memasang baju kemeja meningkat sebesar 16,67 % dari 72,91% menjadi 89,58% kategori baik. Kemampuan memasang baju kemeja disabilitas netra kelas I SLB A Yapentra, Sumut dapat meningkat setelah dilakukan tidakan penerapan model pembelajaran direct instruction
Keywords
References
Abdul, M. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Ahmad, N. (2007). Metodik Khusus Tunanetra. Bandung: UPI.
Aqila, S. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat. Yogyakarta: Kata Hati.
Anastasia, W. & Imanuel H. (2007). Ortopedagogik Tunanetra I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Ardhi, W. (2013). Seluk Beluk Tunanetra. Yogyakarta: Java Litera.
Arifin. (1993). Bagaimana menjadi Orang Tua yang Baik. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (1990). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Astati, dkk. (2003). Program Khusus Bina Diri.Jakarta: Depdikbud.
Departemen Pendidikan Nasioanl. (2006). Panduan Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Khusus: Khusus Bina Diri SMPLB-C. Jakarta: DEPDIKNAS.
Djamarah, S.B dan Aswan, Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta
Chaplin, J. P. (1981). Kamus Lengkap Psikologi (Kartini Kartono Trans.). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Dodo, S. & Lilis, R.(2013). Pendidikan Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima.
Eveline Sinegar, Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hallahan, D. P and Kauffman, J. M. (2009). Exeptional Children Introduction to Special Education. New Jersey: Prentice Hall International.
Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching.
Bandung: Tambak Kusuma CV.
Haryanto, dkk.(2003). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: DEPDIKNAS FIPUNY
Heri, P. (1998). Ortopedagogik Umum (Diklat Kuliah). Yogyakarta: FIP UNY. Iskandarwassid & Dadang, S. (2010). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
Juang, S. (2005). Mengembangkan Potensi Anak Berkelainan Penglihatan.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Kasihani, K. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud.
Maria J. Wantah. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Article Metrics
Abstract Views : 36 timesPDF Downloaded : 20 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.