Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Peningkatan Memasang Baju Kemeja pada Disabilitas Netra

Oktafioner Tarigan(1), Elsa Efrina(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130291

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan disabilitas netra dalam memasang baju kemeja pada mata pelajaran Activity Daily Living (ADL) kelas I di SLB A  Yapentra, Sumut melalui model pembelajaran Direct Instruction. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang berkolaborasi dengan  guru kelas I SLB  A Yapentra. Subjek  penelitian adalah:  satu siswa disabilitas netra  kelas I SLB A Yapentra. Pengumpulan data penelitian melalui melalui penerapan model Direct Instruction, pengumpulan data penelitian melalui metode tes dan observasi, teknik analisis data  yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Hasi penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan disabilitas netra dalam memasang baju kemeja melalui penerapan model pembelajaran direct instruction. Hasil dari  siklus  I diperoleh data kemampuan memasang baju kemeja, Pra tindakan 52,08 % dalam kategori kurang, meningkat sebesar  20,83 % menjadi 72,91 %. Kategori cukup. Perbaikan  dilakukan pada siklus II yaitu mengurangi bantuan yang diberikan, menkondisikan disabilitas netra agar lebih fokus dan memberikan kesempatan disabilitas netra aktif bertanya apabila mengalami kesulitan. Hasil dari tindakan siklus II diketahui bahwa disabilitas netra telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu: pada kemampuan memasang baju kemeja meningkat sebesar 16,67 % dari  72,91% menjadi 89,58% kategori baik. Kemampuan memasang baju kemeja disabilitas netra kelas I SLB  A Yapentra, Sumut dapat meningkat setelah dilakukan tidakan penerapan model pembelajaran direct instruction


Keywords


Baju Kemeja, model pembelajaran direct instruction, disabilitas netra

References


Abdul, M. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Ahmad, N. (2007). Metodik Khusus Tunanetra. Bandung: UPI.

Aqila, S. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat. Yogyakarta: Kata Hati.

Anastasia, W. & Imanuel H. (2007). Ortopedagogik Tunanetra I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Ardhi, W. (2013). Seluk Beluk Tunanetra. Yogyakarta: Java Litera.

Arifin. (1993). Bagaimana menjadi Orang Tua yang Baik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (1990). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Astati, dkk. (2003). Program Khusus Bina Diri.Jakarta: Depdikbud.

Departemen Pendidikan Nasioanl. (2006). Panduan Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Khusus: Khusus Bina Diri SMPLB-C. Jakarta: DEPDIKNAS.

Djamarah, S.B dan Aswan, Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta

Chaplin, J. P. (1981). Kamus Lengkap Psikologi (Kartini Kartono Trans.). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Dodo, S. & Lilis, R.(2013). Pendidikan Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima.

Eveline Sinegar, Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hallahan, D. P and Kauffman, J. M. (2009). Exeptional Children Introduction to Special Education. New Jersey: Prentice Hall International.

Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching.

Bandung: Tambak Kusuma CV.

Haryanto, dkk.(2003). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: DEPDIKNAS FIPUNY

Heri, P. (1998). Ortopedagogik Umum (Diklat Kuliah). Yogyakarta: FIP UNY. Iskandarwassid & Dadang, S. (2010). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Juang, S. (2005). Mengembangkan Potensi Anak Berkelainan Penglihatan.

Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kasihani, K. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud.

Maria J. Wantah. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Article Metrics

 Abstract Views : 36 times
 PDF Downloaded : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.