Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan disabilitas netra dalam memasang baju kemeja pada mata pelajaran Activity Daily Living (ADL) kelas I di SLB A Yapentra, Sumut melalui model pembelajaran Direct Instruction. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas I SLB A Yapentra. Subjek penelitian adalah: satu siswa disabilitas netra kelas I SLB A Yapentra. Pengumpulan data penelitian melalui melalui penerapan model Direct Instruction, pengumpulan data penelitian melalui metode tes dan observasi, teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Hasi penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan disabilitas netra dalam memasang baju kemeja melalui penerapan model pembelajaran direct instruction. Hasil dari siklus I diperoleh data kemampuan memasang baju kemeja, Pra tindakan 52,08 % dalam kategori kurang, meningkat sebesar 20,83 % menjadi 72,91 %. Kategori cukup. Perbaikan dilakukan pada siklus II yaitu mengurangi bantuan yang diberikan, menkondisikan disabilitas netra agar lebih fokus dan memberikan kesempatan disabilitas netra aktif bertanya apabila mengalami kesulitan. Hasil dari tindakan siklus II diketahui bahwa disabilitas netra telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu: pada kemampuan memasang baju kemeja meningkat sebesar 16,67 % dari 72,91% menjadi 89,58% kategori baik. Kemampuan memasang baju kemeja disabilitas netra kelas I SLB A Yapentra, Sumut dapat meningkat setelah dilakukan tidakan penerapan model pembelajaran direct instruction