Upaya Meningkatkan Membaca Permulaan pada Anak Disabilitas Intelektual melalui Penerapan Media Video Animasi Berbasis Powtoon di Kelas II SLB Negeri Stabat

(1) Universitas Negeri Padang

(2) Universitas Negeri Padang


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130289
Full Text:

Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Proses Meningkatkan Membaca Permulaan Pada Anak Disabilitas intelektual Melalui Penerapan Media Video Animasi Berbasis Powtoon dan menganalisis Media Video Animasi Berbasis Powtoon Dapat Meningkatkan Membaca Permulaan Pada Anak Disabilitas intelektual di Kelas II SLB Negeri Stabat. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan membaca permulaan pada anak Disabilitas Intelektual melalui media video animasi berbasis powtoon. Kegiatan penelitian tergabung ke dalam beberapa proses yaitu perencanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa Disabilitas Intelektual kelas IV SLBN Muara Bungo sebanyak 4 siswa dengan inisial DO, AN, A dan F yang kemampuan membaca permulaan masih rendah. Penelitian ini terbagi kedalam dua siklus yang mana setiap siklusnya terdapat empat tahapan dan dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Dilihat dari hasil kemampuan membaca permulaan siswa semakin meningkat dari pemberian tindakan siklus I hingga siklus II. Kemampuan awal siswa DO 57,14%, AN 50%, A 57,14%, dan F 50%. Pada siklus I DO 71,42%, AN 71,42%, anak A 64,28%, F 64,28%. Pada siklus II O 85,71%, An 85,71%, A 92,87%, F 92,87%.
Keywords
References
Agung Khoirudin. (2020). 7. Media Pembelajaran Interaktif. Sidoarjo : Nizamia Learning Center.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arisul, Mahdi., M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. PLB FIP UNP, Padang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1–10.
Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi. Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima, 2(2), hlm. 250–262.
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. 10(1). Inovatif Kreano, Jurnal Matematika Kreatif, 49–56.
Ayuningsih, K. (2017). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran IPS Materi Menghargai Jasa Pahlawan di Kelas V SDN Sidokumpul Sidoarjo. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(43).
Ayzan. (2018). Pembelajara Pendidikan Jasmani Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Unnes Press.
Basri, H. (2009). Filsafat Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Remaja Rosdakarya.
Bunyamin. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Konsep Dasar, Inovasi dan Teori.
Dakir, U. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan. Kencana.
Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Raja Perindo Persada.
Darmadi, H. (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Depublish.
Dinie, R. D. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Psikosain.
Djamaluddin, W. (2019). Belajar dan Pembelajaran. 4 Pilar Peningkatkan Kompetensi Pedagogis. CV Kaaffah Learning Center.
Ernalida, D. (2018). Powtoon: Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi sebagai Upaya dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif. Jurnal Logat, 5(2).
Evi Deliviana. (2017). Aplikasi PowToon sebagai media pembelajaran : manfaat dan problematikanya, (FKIP Bimbingan dan Konseling,. Universitas Kristen Indonesia.
Eviani Damastuti. (2020). Pendidikan Anak Dengan Hambatan Intelektual. FKIP ULM Banjarmasi.
Fahrurrozi. (2016). Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, X(2).
Goverment, Q. (2017). Helping Your Children Learn to Read: What Parent Can Do.
Hamiduloh Ibda. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Wayang. CV Pilar Nusantara.
Harahap., N. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Widina.
Hardani, Nur Hikmatul Auliyah, dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. In Repository.Uinsu.Ac.Id (Issue April).
Irdawati. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4).
Kemis dan Ati Rosnawati. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Tunagrahita. Luxima Metro Media.
Khairani, M. & Febrinal, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk macromedia flash materi tabung untuk SMP kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2).
Kristianto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Surabaya.
Mabunga, Allan s, Maria Eljie Mabunga, and A. Y. (2019). Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Analisis Reading Readness. Mimbar Pendidikan, 4(2), 13–26.
Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. PLB FIP UNP, Padang.
Mega Iswari, . Reno Fernande. (2017). Adaptasi Sekolah Terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusif. Jurnal Socing, 4(1).
Mulyani, D. W. C. (2021). Strategi Pembelajaran Peserta Didik Kebutuhan Khusus (ABK) DI SDN Antar Baru 1 Marabahan. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(4).
Nasar, P. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini. Pustaka Akbar.
Paggarra., H. (2022). Media Pembelajaran. adan Penerbit UNM.
Peng, P. et al. (2019). A Longitudinal Analysis of the Trajectories and Predictors of Word Reading and Reading Comprehension Development Among At-Risk Readers. Journal of Learning Disabilities, 52(3), 195–208.
Rahmi. (2022). Media Pembelajaran. PT Global Eksekutif Teknologi. Kencana Prenada.
Rosiyanti, H., Eminita, V., & Riski, R. (2020). Desain Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis. Powtoon. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan, 1(3).
Sanjaya, W. (2018). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Kencana Prenanda Media Group.
Sauqina, Y. I. dan. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3).
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Somantri, T. S. (2017). Psikologi Anak Luar Biasa. PT. Refika Aditama.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bumi Aksara.
Suharsiwi. (2017). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. CV Prima Print.
Syifa. (2021). Monograf Efektivitas E- Learning Berbantuan Edmodo Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa. Penerbit Lakeisha.
Widiasanti. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter., 9(1).
Zulfah, A. (2020). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19. Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran., 7(2).
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.