Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Proses Meningkatkan Membaca Permulaan Pada Anak Disabilitas intelektual Melalui Penerapan Media Video Animasi Berbasis Powtoon dan menganalisis Media Video Animasi Berbasis Powtoon Dapat Meningkatkan Membaca Permulaan Pada Anak Disabilitas intelektual di Kelas II SLB Negeri Stabat. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan membaca permulaan pada anak Disabilitas Intelektual melalui media video animasi berbasis powtoon. Kegiatan penelitian tergabung ke dalam beberapa proses yaitu perencanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa Disabilitas Intelektual kelas IV SLBN Muara Bungo sebanyak 4 siswa dengan inisial DO, AN, A dan F yang kemampuan membaca permulaan masih rendah. Penelitian ini terbagi kedalam dua siklus yang mana setiap siklusnya terdapat empat tahapan dan dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Dilihat dari hasil kemampuan membaca permulaan siswa semakin meningkat dari pemberian tindakan siklus I hingga siklus II. Kemampuan awal siswa DO 57,14%, AN 50%, A 57,14%, dan F 50%. Pada siklus I DO 71,42%, AN 71,42%, anak A 64,28%, F 64,28%. Pada siklus II O 85,71%, An 85,71%, A 92,87%, F 92,87%.