Meningkatkan Sosialisasi Anak Disabilitas Intelektual Melalui Metode Role Playing Fase D Di Slb Negeri Pematangsiantar

Mona Ully Artha Manullang(1), Grahita Kusumastuti(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130270

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas VII atau Fase D di SLB Negeri Pematangsiantar yang mengalami permasalahan dalam bersosialisasi, siswa lebih sering diam daripada berkomunikasi dengan teman satu kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research, dengan disain A-B dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah siswa disabilitas intelekrual di SLB Negeri Pematangsiantar. Pengamatan dilakukan dengan dua sesi yang dimulai dari sesi baseline (A) dan sesi kedua yaitu intervensi (B). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode role playing dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi WS dan DM, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan bersosialisasi anak kearah yang lebih baik. Sementara itu ES mengalami kesulitan dalam bersosialisasi karena mengalami hambatan dalam berkomonikasi, dari hasil penelitian nilai ES jauh dibawah temannya yang lain. Dari tiga sampel anak yang diujikan menggunakan metode role playing dua dinyatakan tuntas atau mengalami peningkatan bersosialisasi dengan temannya, sementara ES ada peningkatan tetapi tidak dapat memenuhi kriteria ketuntasan


Keywords


Metode Role Playing; Sosialisasi; Disabilitas Intelektual

References


Anita, & Kusmastuti, G. 2024. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Anggota Tubuh Melalui Penggunaan Media Pop-Up Book Pada Siswa Disabilitas Intelektual Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus Volume 12 Nomor 2 Tahun 2024.

Nazilah, Kunut. 2017. Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Tunagrahita Ringan Melalui Metode Bermain Peran Di Sekolah Luar Biasa Yapenas Unit Ii Sleman. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/ id/eprint/56189

Rohani, Lasi. (2019) EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI. Other thesis, Skripsi,

Universitas Muhammadiyah Magelang. http://eprintslib.ummgl.ac.id/ id/eprint/164

Rossa, & Irdamurni. (2019) Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Melalui Teka-Teki Silang Bergambar Bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas IV SDN 01 Limau Manis Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22025

Tassé, M. J., & Grover, M. (2021). American association on intellectual and developmental disabilities (aaidd). In Encyclopedia of autism spectrum disorders (hal. 165–168). Springer


Article Metrics

 Abstract Views : 34 times
 PDF Downloaded : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.