Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Aplikasi Digital bagi Disabilitas Intelektual Ringan

Boy Erlando Sidabutar(1), Irdamurni Irdamurni(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130265

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh disabilitas intelektual ringan yang belum mengenal huruf vokal dan tidak bisa membaca suku kata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media aplikasi digital bagi disabilitas intelektual ringan Fase A di SLB Negeri Pematangsiantar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi dan diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi dengan teman sejawat bertindak sebagai observer yang mengamati aktivitas peneliti dan  kegiatan tindakan dilakukan dua siklus. Dari hasil penelitian, nilai RA pertemuan terakhir pada siklus I yaitu 50%, RM 40% dan RS 50%. Sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat secara signifikan, nilai akhir RA adalah 100%, RM 90% dan RS 90%. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis menyimpulkan media media aplikasi digital bisa meningkatkan kemampuan membaca siswa disabilitas intelektual ringan Fase A di SLB Negeri Pematangsiantar.


Keywords


Aplikasi Digital; Membaca Permulaan; Disabilitas Intelektual ringan

References


Adhona. R. K., & Irdamurni. (2023). Pengaruh Metode Membaca Tanpa Mengeja Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Disleksia (Pre-Eksperimen di SD Negeri 17 Jawa Gadut). Jurnal Pendidikan Tambusai https://jptam.org/index. php/jptam/article/download/9040/7381/16957

Erhan. (2023). Aplikasi Digital Adalah Perkembangan Teknologi yang Melibatkan Banyak Sektor. https://perpusteknik.com/aplikasi-digital-adalah

Mia. N. A. (2022). Intervensi Bersumber Daya Keluarga Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Aplikasi Digital Suku Kata Pada Anak Tunagrahita Ringan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Media Grup.

Vincent Lim dan Silvirah. 2023. Tunagrahita (Disabilitas Intelektual), Penyebab dan Gejalanya. Artikel ini dibuat dan diterbitkan oleh Siloam Hospitals. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-tunagrahita


Article Metrics

 Abstract Views : 59 times
 PDF Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.