The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh disabilitas intelektual ringan yang belum mengenal huruf vokal dan tidak bisa membaca suku kata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media aplikasi digital bagi disabilitas intelektual ringan Fase A di SLB Negeri Pematangsiantar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi dan diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi dengan teman sejawat bertindak sebagai observer yang mengamati aktivitas peneliti danĀ  kegiatan tindakan dilakukan dua siklus. Dari hasil penelitian, nilai RA pertemuan terakhir pada siklus I yaitu 50%, RM 40% dan RS 50%. Sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat secara signifikan, nilai akhir RA adalah 100%, RM 90% dan RS 90%. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis menyimpulkan media media aplikasi digital bisa meningkatkan kemampuan membaca siswa disabilitas intelektual ringan Fase A di SLB Negeri Pematangsiantar.


Keywords


Aplikasi Digital; Membaca Permulaan; Disabilitas Intelektual ringan