Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Nilai Uang Anak dengan Gangguan Spektrum Autis melalui Penggunaan Aplikasi Quizizz

Yeni Artati Silalahi(1), Marlina Marlina(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130249

Full Text:    Language : en

Abstract


Siswa Autisme mengalami permasalahan perkembangan pada aspek komunikasi, interaksi sosial dan prilaku akibat gangguan perkembangan neurologis. Aspek-aspek ini berpengaruh terhadap pemahaman siswa dalam belajar di kelas, salah satunya adalah kemampuan operasi hitung nilai uang. Hasil asesmen ditemukan dua (2) siswa autisme kelas VIII SLB Doloksanggul yang memiliki kemampuan operasi hitung nilai uang dalam kategori rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran yang diberikan guru dalam peningkatan kemampuan operasi hitung nilai uang dan membuktikan apakah kemampuan operasi hitung nilai mata uang dapat meningkat melalui aplikasi quizizz pada siswa autisme. Pemilihan subjek dilakukan dengan alat identifikasi anak berkebutuhan khusus dan asesmen kemampuan operasi hitung nilai uang. Penelitian menggunakan penelitian tindakam kelas sebanyak dua (2) siklus, terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulan dengan observasi dan tes. Observasi dilakukan oleh observer untuk mengamati aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru (peneliti) kepada siswa terkait materi operasi hitung nilai uang. Tes dilakukan untuk melihat kemampuan siswa dalam mengerjakan soal setelah diberikan pembelajaran melalui aplikasi quizizz. Data dianalisis secara kuantitatif yang divisualkan melalui grafik persentase kemampuan siswa pada setiap siklus dan kualitataif berupa deskripsi dari grafik visual terkait hasil kemampuan siswa dan aktivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan operasi hitung nilai uang setelah diterapkan pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz. Disarankan bagi guru agar menjadikan pembelajaran dengan aplikasi quizizz sebagai suatu usaha dalam memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas.

Keywords


Autisme, Aplikasi Quizizz, Operasi Hitung Nilai Uang

References


Affandi, A., & Pratiwi, U. H. (2014). Faktor-Faktor Penyebab terjadinya Gangguan spektrum autisme pada Anak Di Kota Cirebon. Tunas Medika Jurnal Kedokteran & Kesehatan, 1(2).

Affandi, F. (2020). Fungsi Uang Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Eksya: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 82–91.

Alfirzan, A., Nasri, Y., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan Pendidikan serta Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1521–1529.

Anggraini, D. (2020). PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 14 KOTA JAMBI PADA MATERI POLA BILANGAN. FKIP.

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23–32.

Azwandi, Y. (2005). Mengenal dan membantu penyandang gangguan spektrum autisme. Jakarta: Depdiknas.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, 56.

Habau, S. D. N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Permainan Kartu di Kelas II SDN Habau Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 4(2).

Al Haddar, G., & Juliano, M. A. (2021). Analisis media pembelajaran Quizizz dalam pembelajaran daring pada siswa tingkat sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4794-4801.

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMA di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2).

Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2022). Strategi Guru untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3).

Isnawan, M. G., & Wicaksono, A. B. (2018). Model desain pembelajaran matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 47–52.

Maghfiroh, R. U. (2019). Konsep nilai waktu dari uang dalam sudut pandang ekonomi Islam. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 9(2), 186–195.

Marienzi, R. (2012). Meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka melalui metode multisensori bagi anak gangguan spektrum autis. Jurnal penelitian Pendidikan khusus, 1(3).

Marlina, M., & Mukhsim, M. (2020). Asesmen Akademik: Panduan Praktis bagi Guru dan Orang Tua.

Nasaruddin, N. (2013). Karakterisik dan ruang lingkup pembelajaran matematika di sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 63–76.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.

Rajagukguk, M. (2021). Inovasi Penilaian Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Era Revolution Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 45-50). FBS Unimed Press.

Rusman, M. P. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media.

Rusmana, I. M. (2020). Pembelajaran matematika menyenangkan dengan aplikasi kuis online Quizizz. Prosiding Sesiomadika, 2(1a).

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat matematika: kedudukan, peran, dan persepektif permasalahan dalam pembelajaran matematika. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15–28.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163–173.

Sari, S. W. (2016). Perkembangan dan pemikiran uang dari masa ke masa. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 1–39.

Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11–18.

Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1), 42-51


Article Metrics

 Abstract Views : 56 times
 PDF Downloaded : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.