The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Siswa Autisme mengalami permasalahan perkembangan pada aspek komunikasi, interaksi sosial dan prilaku akibat gangguan perkembangan neurologis. Aspek-aspek ini berpengaruh terhadap pemahaman siswa dalam belajar di kelas, salah satunya adalah kemampuan operasi hitung nilai uang. Hasil asesmen ditemukan dua (2) siswa autisme kelas VIII SLB Doloksanggul yang memiliki kemampuan operasi hitung nilai uang dalam kategori rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran yang diberikan guru dalam peningkatan kemampuan operasi hitung nilai uang dan membuktikan apakah kemampuan operasi hitung nilai mata uang dapat meningkat melalui aplikasi quizizz pada siswa autisme. Pemilihan subjek dilakukan dengan alat identifikasi anak berkebutuhan khusus dan asesmen kemampuan operasi hitung nilai uang. Penelitian menggunakan penelitian tindakam kelas sebanyak dua (2) siklus, terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulan dengan observasi dan tes. Observasi dilakukan oleh observer untuk mengamati aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru (peneliti) kepada siswa terkait materi operasi hitung nilai uang. Tes dilakukan untuk melihat kemampuan siswa dalam mengerjakan soal setelah diberikan pembelajaran melalui aplikasi quizizz. Data dianalisis secara kuantitatif yang divisualkan melalui grafik persentase kemampuan siswa pada setiap siklus dan kualitataif berupa deskripsi dari grafik visual terkait hasil kemampuan siswa dan aktivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan operasi hitung nilai uang setelah diterapkan pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz. Disarankan bagi guru agar menjadikan pembelajaran dengan aplikasi quizizz sebagai suatu usaha dalam memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas.

Keywords


Autisme, Aplikasi Quizizz, Operasi Hitung Nilai Uang