Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf menggunakan Media Canva bagi Anak Gangguan Spektrum Autisme Kelas VII

Junedy Purba(1), Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu.v12i2.130248

Full Text:    Language : en

Abstract


Media canva merupakan media pembelajaran berbentuk video yang dibuat dari aplikasi canva. Sehingga dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media canva dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak gangguan spektrum autisme. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus ada dua kali pertemuan. Pada siklus I pertemuan pertama anak mendapatkan nilai 25%, pertemuan ke dua anak mendapatkan nilai 50%. Namun pada siklus II pertemuan pertama anak mendapatkan nilai 67%, pertemuan ke dua anak mendapatkan nilai 100%. Berdasarkan dengan hasil analisis data, bahwa sanya hasil penelitian mengatakan media cana dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak gangguan spektrum autisme.

Keywords


Media canva, huruf, anak gangguan spektrum autisme

References


Biran, M. I., & Nurhastuti, N. (2019). pendidikan anak autis. In A psicanalise dos contos de fadas. Tradução Arlene Caetano.

Marlina, M., & Rahmahtrisilvia, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru SLB dalam Melakukan Asesmen Keterampilan Berbahasa Anak Autis Melalui Workshop Berbasis Digital. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(1), 44. https://doi.org/10.24036/sb.0750

Rahmahtrisilvia, R. (2010). Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Perilaku Tantrum Pada Anak Autistik. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 1. https://doi.org/10.24036/pendidikan.v10i2.2235

Rahmahtrisilvia, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Pada Anak Autistik Menggunakan Dukungan Visual. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 128. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v15i1.5254


Article Metrics

 Abstract Views : 72 times
 PDF Downloaded : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.